IBL

Keberhasilan University of Kansas (Jayhawks) mengalahkan University of North Carolina (Tar Heels) di gim final ini menghadirkan beragam sejarah. 

Tertinggal 15 poin di jeda antarbabak dan sempat tertinggal 16 poin membuat Jayhawks menjadi tim dengan cerita comeback terbesar dalam sejarah NCAA. 

Mereka berhasil menggeser Loyola Chicago yang menjadi juara di 1963 setelah sempat tertinggal 15 poin. Untuk rekor tertinggal di jeda antarbabak. Selisih terbesar adalah 10 poin sebelum Jayhawks hari ini mencatatkan kemenangan.

Catatan menarik lainnya juga dibukukan para pemain dari kedua tim. Sejak 2016, gim final (National Championship) tidak pernah menghadirkan pemain yang mencetak dobel-dobel, tidak satupun. 

Hari ini, total ada lima pemain yang mencetak dobel-dobel, tiga dari Tar Heels dan dua dari Jayhawks. Bahkan, satu diantaranya sudah mendapatkan dobel-dobel di paruh pertama saja. Pemain itu adalah Armando Bacot dari Tar Heels.

Bagi Bacot, dobel-dobel hari ini juga membuatnya mencetak rekor pribadi. Sepanjang sejarah NCAA March Madness, Bacot adalah pemain pertama yang selalu dobel-dobel di setiao gim sampai final. Total enam gim ia mainkan, enam dobel-dobel ia catatkan.

Bacot pun menyamai rekor legenda San Antonio Spurs, David Robinson. Bacot total mengemas 31 dobel-dobel dengan menghitung musim reguler. Bersama Robinson, keduanya jadi dua pemain sepanjang sejarah yang mampu melakukan itu. Robinson membukukan hal tersebut pada 1985—1986.

Kepala pelatih Jayhawks, Bill Self juga punya catatan istimewa. Ini adalah gelarnya yang kedua bersama Jayhawks. Yang pertama ia dapatkan pada 2008. Jarak 13 musim (2020 tidak ada gelaran) jadi yang terlama sepanjang sejarah pelatih yang punya dua gelar juara.

Sebenarnya ada nama Rick Pittino yang total butuh 17 musim untuk meraih gelar juara keduanya. Namun, gelar kedua Pittino yang ja dapatkan pada 2013 akhirnya dicabut usai almamater yang ia pimpin, University of Louisville terkena skandal bonus seks pada 2018. 

Terakhir, kekalahan ini membuat Tar Heels masuk dalam rekor yang kurang menyenangkan. Ini adalah kegagalan keenam Tar Heels meraih juara dalam 12 kesempatan. Catatan ini menyamai catatan terbanyak di sejarah NCAA yang dipegang oleh Jayhawks sendiri, Duke University, dan University of Michigan. (DRMK)

Foto: NCAA March Madness MBB

 

Komentar