IBL

University of Kansas (Jayhawks) jumpa Villanova University (Wildcats) di babak Final Four NCAA March Madness, Sabtu, 2 April 2022, waktu setempat. Tampil solid, Jayhawks menang dengan skor akhir 81-65. 

Jayhawks benar-benar mendominasi gim ini. Laju (10-0) di awal gim membuat mereka nyaman membangun keunggulan yang bahkan sempat terbuka sampai 19 poin sebelum jeda antarbabak. Wildcats sempat mengejar dan menipiskan jarak menjadi enam poin saja, namun Jayhawks kembali menjauh lewat akurasi paten mereka. 

Jayhawks menembak 53 persen baik di tripoin dan juga secara keseluruhan. Jayhawks juga bertahan dengan baik. Hal ini terbukti mereka hanya kemasukan 16 poin di paint area. 

David McCormack dan Ochai Agbaji jadi dua kunci menakutkannya Jayhawks di tripoin dan di paint area. Keduanya juga oanas sejak awal dengan mengombinasikan 25 dari 40 poin Jayhawks di paruh pertama.

McCormack mencetak 25 poin dan 9 rebound dari 10/12 tembakan. Seluruh tembakan masuk McCormack datang dari paint area. Agbaji menyerang dari tripoin dengan memasukkan 6/7 tripoin (86 persen). Ia total mengemas 21 poin. Agbaji memasukkan enam tripoin pertamanya beruntun. 

Jalen Wilson menambahkan dobel-dobel 11 poin, 12 rebound, dan 5 asis, sedangkan Christian Braun membukukan 10 poin yang seluruhnya terjadi di paruh kedua.

Hasil ini membuat Jayhawks lolos ke babak final (National Championship) NCAA March Madness. Mereka juga berhasil membalas kekalahan di babak yang sama atas Wildcats pada 2018 lalu. Rekor pertemuan kedua tim pun kini imbang (5-5). 

Final ini akan jadi final pertama Jayhawks sejak 2012. Kala itu, Jayhawks kalah atas University of Kentucky yang diperkuat Anthony Davis. Sepanjang sejarah almamater, ini akan jadi final ke-10 Jayhawks.

Calon lawan Jayhawks di final nanti adalah pemenang antara University of North Carolina dan Duke University yang digelar setelah gim mereka. (DRMK)

Foto: NCAA March Madness 

Komentar