IBL

RANS PIK Basketball menang dramatis atas Amartha Hangtuah dengan skor akhir 66-64, Senin, 14 Maret 2022. Agus Salim jadi penentu kemenangan dengan tembakannya di sisa 0,3, detik gim. 

Ia mendapatkan offensive rebound di tengah kepungan tiga pemain Hangtuah. Ia lantas melepaskan tembakan yang memantul papan dan memastikan kemenangan RANS PIK. Agus Salim sendiri mencetak 5 poin dan 3 rebound selama 23 menit bermain. Itu adalah satu-satunya offensive rebound yang ia buat hari ini. 

Pemimpin kemenangan RANS PIK adalah Akeem Scott melalui dobel-dobel 31 poin, 16 rebound, dan 4 steal. Akeem tampil 39 menit dan hanya membuat satu turnover. Bima Riski Ardiansyah membantu dengan 11 poin plus 7 rebound. 

"Kami memulai gim dengan tidak baik. Mungkin salah satu faktor terbesarnya adalah kelelahan usai gim kemarin," tutur Abrizal Hasiholan, Asisten Pelatih RANS PIK. "Namun, di paruh kedua, kami coba menenangkan diri. Besok kami tidak ada gim, kami minta pemain habis-habisan dan Puji Tuhan kami meraih kemenangan."

"Kami beruntung punya pemain seperti Akeem Scott yang luar biasa. Bermain selama 38 menit lebih, hanya istirahat 75 detik, Akeem benar-benar besar perannya untuk kami. Kami sangat bersyukur ada dia di sini," imbuhnya.

Pelatih yang akrab disapa Jali ini juga mengatakan bahwa fokus utama RANS PIK di paruh kedua adalah menghentikan Anton Waters di bawah ring dan mengganggu penembak tripoin Hangtuah.

"Anton Waters ini pemain yang sangat kuat di bawah ring. Oleh sebab itu, kami coba atasi dengan dua, tiga pemain. Lalu kami juga coba ganggu sebisa mungkin tripoin Hangtuah. Mereka kuat di sana dan syukur kami bisa hentikan mereka," pungkasnya.

RANS PIK sebenarnya tertinggal nyaris sepanjang gim. Hangtuah bahkan sempat unggul 22 poin di kuarter dua dan awal kuarter tiga usai RANS PIK hanya mencetak 6 poin di kuarter kedua. 

Namun, RANS PIK mengubah momentum dengan menahan Hangtuah hanya mencetak 23 poin di paruh kedua. RANS PIK sendiri membukukan 46 poin di periode yang sama.

"Kami membuat terlalu banyak turnover di paruh kedua. Saya sudah ingatkan pemain untuk tidak terlena dengan keunggulan besar kami. Namun, kami gagal menjaga momentum itu," buka A.F. Rinaldo, Kepala Pelatih Hangtuah.

"Saya coba fokus pada Anton sebagai titik serangan di low post. Tapi, lawan sangat agresif dan Anton sendiri ada di titik cukup frustrasi dengan keputusan wasit. Ditambah tripoin yang buruk, kami kehilangan gim yang harusnya bisa kami menangkan," tutupnya.

Anton Waters sendiri mencetak 16 poin, 8 rebound, dan 4 steal. Ia melepaskan 17 percobaan sepanjang gim. Sevly Rondonuwu membantu dengan 11 poin selama 28 menit bermain. 

RANS PIK kini memiliki rekor (8-6) sedangkan Hangtuah untuk kali pertama dalam musim ini memiliki persentase kemenangan hanya 50 persen (7-7). (DRMK)

Foto: Hariyanto 

Komentar