IBL

Bumi Borneo Basketball Pontianak bangkit dari kekalahan. Mereka menundukkan Tangerang Hawks Basketball Club 72-53. Ini menjadi kemenangan ketiga Bumi Borneo dari 11 kali penampilan di musim pertama mereka.

Dalam pertandingan di Hall A Basket Senayan, Jakarta itu, Bumi Borneo menang dengan nyaman. Mereka mampu menjaga ritme pertandingan dan tidak memberi kesempatan Hawks untuk mengejar dan menyamakan kedudukan.

Produktivitas Bumi Borneo mencapai puncaknya usai paruh pertama pertandingan. Pada kuarter ketiga saja, mereka menghasilkan 23 poin. Ditambah 16 poin pada kuarter keempat.

Austin Mofunanya menjadi kunci permainan Bumi Borneo. Tampil selama 22 menit, dia menghasilkan total 20 poin dan enam rebund. Begitu halnya Randy Bell yang mencetak 13 poin, delapan rebound, dan tiga asis.

Pelatih Bumi Borneo Tondi Raja Syailendra mengungkapkan sejak awal mereka memang ingin menghentikan laju Richard David Ross Jr dan Tevanti Crump. Game plan tersebut berjalan. Ross menyumbangkan 13 poin dan delapan rebound untuk Hawsk. Sementara Crump hanya mencetak tujuh poin.

“Kami konsentrasi di defense dan tidak terlalu banyak menyesuaikan offense-nya. Yang penting bisa jaga tetap bagus saja. Kami main juga normal. Basanya attack dan defense dibikin tinggi, sekarang lebih normal,” ujar Tondi usai pertandingan.

Disisi lain pelatih Hawks Efri Meldi mengakui akurasi tembakan mereka tidak terlalu bagus.  Field goals mereka hanya 25 persen. Artinya dari 74 kali kesempatan, hanya 19 tembakan yang menjadi poin.

“Sebenarnya pertandingan berjalan sesuai dengan game plan. Tetapi akurasi tembakan memang sedang tidak bagus. Untuk tripoint saja, hanya dua yang berhasil dari 21 kali. Memang dari segi shotingnya yang nggak dapat,” tutur Meldi.

Ini menjadi kekalahan kedelapan secara beruntun bagi Hawks. Kemenangan terakhir mereka peroleh saat melawan Bali United Basketball 70-68 (10/1) lalu. Tantangan berikutnya, Hawks akan menghadapi finalis IBL 2021, Pelita Jaya Bakrie Jakarta pada Kamis (10/3) mendatang. (rag)

Komentar