IBL

Kekacauan di tubuh Los Angeles Lakers belum berhenti. Pasca kepastian absen panjang Anthony Davis, Lakers harus menerima cemoohan dari publik mereka sendiri setelah menelan kekalahan telak dari New Orleans Pelicans, Minggu, 27 Februari 2022, waktu setempat.

Cemoohan ini berbuntut pada tekanan untuk berbenah. Hasilnya, laporan The Athletic menyebutkan bahwa Lakers akan merekrut dua pemain. Pertama ada sosok garda veteran, D.J. Augustin yang di musim ini tercatat bermain untuk Houston Rockets. Yang kedua adalah seorang "pengembara" Wenyen Gabriel.

Keduanya diyakini akan bergabung dengan status yang berbeda. Gabriel akan mendapatkan two-way contract, yang membuatnya masih akan tampil di G League. Augustin sendiri tampaknya akan bergabung dengan kontrak sampai akhir musim langsung.

Kedatangan ini dibarengi dengan kepergian. Laporan yang sama mengabarkan bahwa Lakers akan memutus kontrak senter mereka DeAndre Jordan. Jordan juga kabarnya sudah mendapatkan ketertarikan dari Philadelphia 76ers. Begitu kontraknya dengan Lakers resmi putus, ia akan merapat ke Sixers.

Keputusan ini cukup menarik meski sangat bisa dimengerti. Lakers sedang dalam situasi genting dan kepala pelatih mereka, Frank Vogel, mencari sosok familiar dalam diri Augustin. 

Sebelum menangani Lakers, Vogel memimpin Indiana Pacers dan Orlando Magic. Di dua perjalanan itu pula, Augustin jadi garda yang diandalkan oleh Vogel, meski tak selalu menjadi pilihan utama. Vogel bisa memberi Lakers bantuan sebagai fasilitator dan penembak jarak jauh.

Di lain sisi, memutus kontrak Jordan juga seharusnya bisa jadi langkah yang dihindari. Lakers bisa saja tak melepas Jordan cuma-cuma jika mencari rekan pertukaran dengan lebih giat lagi sebelum batas akhir lalu. Apalagi, Jordan juga hanya bermain 32 gim dengan menit yang terbatas, ia memang seharusnya selalu masuk dalam opsi pertukaran Lakers.

Menarik melihat bagaimana Lakers akan mencoba menjalani sisa musim ini. Untuk sementara, mereka ada di peringkat sembilan klasemen Wilayah Barat. Tampaknya, mereka pun tak akan finis di enam besar dengan sisa gim yang ada. Jadi, Lakers untuk dua musim berturut akan tampil di Play-in Tournament. Sanggupkah Lakers meloloskan diri ke playoff? Mari kita tunggu. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar