IBL

Sanggupkah musim Los Angeles Lakers menjadi lebih buruk lagi? Retorika di atas tampaknya bisa menjadi kenyataan. Pasalnya, laporan terbaru ESPN menyebutkan bahwa Anthony Davis belum akan kembali dalam waktu dekat.

Cedera pergelangan kaki yang dialami Davis tepat di gim terakhir sebelum jeda All Star lalu awalnya dilaporkan aman dari hal yang serius. Namun, hasil pemeriksaan lebih lanjut menunjukkan bahwa untuk kembali ke lapangan, Davis tetap butuh waktu 4—5 pekan, sebuah waktu yang tak sedikit.

Davis sendiri baru tampil 37 gim musim ini. Ia juga kehilangan banyak waktu atas cedera yang sama sebelumnya. Davis menorehkan rataan 23,1 poin, 9,7 rebound, 2,9 asis, 1,2 steal, dan 2,3 blok per gim. Catatan yang menunjukkan Davis sangat krusial untuk Lakers.

Meski krusial, Davis tak melulu menghadirkan kemenangan. Di 37 gim itu, Lakers hanya menang 17 kali. Sedangkan dalam 22 gim Davis absen sejauh ini, Lakers memiliki rekor (10-12). Tidak cukup signifikan.

Kekalahan atas Los Angeles Clippers, Jumat, 25 Februari 2022, waktu setempat adalah gim pertama Davis absen. Namun, ini juga bisa jadi gim pertama dari banyak gim penuh kesulitan yang akan dihadapi Lakers di sisa musim. Sepanjang Maret, Lakers dijadwalkan bertanding 16 kali dan hanya 5 di antaranya mereka akan menghadapi lawan yang posisinya di zona Play-in Tournament atau di bawahnya.

Frank Vogel, Kepala Pelatih Lakers, coba mengisi kekosongan Davis dengan memasukkan Dwight Howard ke starter. Hasilnya, Howard memang mampu membukukan dobel-dobel, namun Lakers tampak tak nyaman di lapangan. Catatan selama ini juga memperlihatkan bahwa Lakers lebih baik turun tanpa senter konvensional atau menempatkan Davis bahkan LeBron di posisi tersebut.

Lakers kini harus berjuang untuk memperbaiki performa mereka selama Davis absen. Dalam 19 gim terakhir, Lakers menderita 13 kekalahan. Mereka memang masih aman di peringkat sembilan klasemen sementara Wilayah Barat, di zona Play-in Tournament, namun, jika terlena, mereka bisa saja terlempar.

Lakers harus berjuang untuk lolos ke playoff karena peluang mereka bisa lebih besar di sana. Pasalnya, trio Davis, Westbrook, dan LeBron sendiri tercatat baru turun bersama 19 gim dan menorehkan rekor (10-9). Lakers juga sebaiknya berharap Kendrick Nunn bisa segera pulih dan memperdalam skuat mereka.

Meski musim berjalan cukup sulit, pencapaian Lakers sejauh ini tak bisa dibilang buruk. Dengan rangkaian badai cedera dan adaptasi skuat yang benar-benar baru, bersaing di kejamnya Wilayah Barat bukanlah hal mudah dan Lakers masih ada di sana sampai sekarang. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar