IBL

Josh Giddey semakin menunjukkan kematangannya seiring musim berjalan. Meski Oklahoma City Thunder harus mengakui keunggulan San Antonio Spurs 114-106, Rabu, 16 Februari 2022, waktu setempat, Giddey tetap tampil fenomenal.

Selama 33 menit di lapangan, Giddey mencetak 17 poin, 10 rebound, dan 10 asis. Ia pun membuat turnover dengan jumlah yang masih bisa diterima, tiga turnover. Giddey memasukkan 8/18 tembakan (44 persen).

Tripel-dobel ini merupakan tripel-dobel bersejarah. Ia jadi ruki kedua sejak Oscar Robertson yang mampu mencetak tripel-dobel di tiga gim beruntun. Giddey lebih spesial lagi karena ia masih berusia 19 tahun, usia yang masih disebut "remaja" (teenager). 

Giddey pun berpeluang mencatatkan rekor baru jika ia mampu menambah dua tripel-dobel lagi. Dalam sejarah NBA, hanya Luka Doncic, remaja yang mampu mencetak empat tripel-dobel dalam satu musim. Giddey baru akan berusia 20 tahun 10 Oktober nanti. 

Selain itu, pemain asal Australia ini juga berpeluang menggeser LeBron James sebagai ruki dengan catatan 10 asis dalam satu gin terbanyak. Pada 2003—2004, LeBron melakukan hal itu di 11 gim. Giddey sejauh ini sudah mencetak 10+ asis di 9 gim berbeda.

Bulan Februari tampaknya menjadi bulan penuh rekor untuk Giddey. Perlu diingat pula, tripel-dobel pertama Giddey lalu menempatkannya sebagai pemain termuda dengan tripel-dobel. Di bulan ini pula, Giddey total sudah mengumpulkan 71 asis, terbanyak kelima di liga untuk Februari. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar