IBL

Dallas Mavericks membuat sebuah pergerakan yang mengejutkan. Selama ini dikabarkan terus berupaya menukar Tim Hardaway Jr., Mavericks justru menukar Kristaps Porzingis ke Washington Wizards. Kabar ini disampaikan oleh ESPN.

Mavericks juga menambahkan hak pilih ronde kedua NBA Draft. Wizards sebagai gantinya melepas Spencer Dinwiddie dan pemain yang juga berasal dari Latvia seperti Porzingis, Davis Bertans.

Pertukaran ini sama sekali tak terendus media. Kemungkinan besar, perbincangan hingga kesepakatan terjadi benar-benar di hari ini. Sebelumnya, Wizards juga telah menukar Montrezl Harrell ke Charlotte Hornets untuk Ish Smith dan Vernon Carey Jr.. Wizards juga melepas Aaron Holiday ke Phoenix Suns dengan ganti uang. 

Memasuki batas akhir pertukaran pemain, Wizards memang dilaporkan siap menukar semua pemain mereka kecuali Bradley Beal dan Kyle Kuzma. Hal itu mereka buktikan dengan aksi nyata.

Di lain sisi, Mavericks memang seharusnya tak terlalu terpengaruh dengan kepergian Porzingis. Catatan Statmuse menyebutkan bahwa sejak musim 2019-2020, Mavericks tak benar-benar terbantu dengan keberadaan Porzingis. Rekor kemenangan mereka dengan Porzingis bermain bersama Luka Doncic adalah 59,2 persen. Sedangkan jika Luka seorng diri, persentase kemenangan Mavericks adalah 60 persen. 

Namun, satu hal yang menjadi pertanyaan adalah, apakah sangat perlu melepas Porzingis di tengah musim ini? Apalagi Mavericks berada di peringkat lima klasemen sementara Wilayah Barat. Apalagi, mereka mendatangkan Dinwiddie yang juga berposisi sebagai garda pembawa bola utama.

Di Mavericks sendiri, peran pembawa bola utama dijalankan oleh Luka. Sebagai pelapisnya, ada seorang Jalen Brunson. Sebelum kesepakatan ini, Mavericks juga dikaitkan dengan Goran Dragic jika ia sepakat memutus kontrak. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar