IBL

Pertukaran pemain kembali terjadi di NBA dan melibatkan nama yang bukan sembarangan. Setelah membuka peluang menukar beberapa pemainnya sejak bulan lalu, Indiana Pacers akhirnya benar-benar melepas satu pemain mereka, Caris LeVert.

Caris dilepas ke Cleveland Cavaliers bersama dengan hak memilih ronde kedua NBA Draft 2022 yang aslinya dimiliki oleh Miami Heat. Sebagai gantinya, Cavaliers mengirimkan Ricky Rubio yang tak mungkin lagi bermain musim ini karena cedera ACL dan tiga hak pilih. 

Yang pertama ada hak memilih ronde pertama NBA Draft 2022 namun sifatnya terproteksi (jika Cavaliers dapat 14 besar, maka Pacers baru bisa menggunakannya musim depan). Sisa dua hak pilih lainnya untuk ronde kedua pada 2022 dan 2027. Kabar ini disampaikan oleh ESPN.

Tambahan Caris bisa membuat Cavaliers yang musim ini sudah tampil mengejutkan menjadi semakin menyeramkan. Pasalnya, Caris memiliki rataan 18,7 poin per gim. Di Cavaliers, hanya ada Darius Garland yang punya rataan lebih baik dari itu.

Di sisi lain, Caris juga masuk 10 besar daftar pencetak angka melalui penetrasi ke area kunci. Cavaliers sendiri ada di dua terbawah untuk kategori ini. Caris juga sosok yang tangguh dalam bertahan, sesuatu yang jadi kunci Cavaliers mengejutkan liga musim ini. Caris juga masih punya kontrak sampai habis musim 2022-2023.

Di sisi Pacers, keluarnya Caris dan masuknya kontrak Rubio yang akan habis di akhir musim ini membuat ruang gaji mereka lebih terbuka. Pacers kemungkinan besar juga akan memindahkan Domantas Sabonis dan Myles Turner. Jika itu terjadi, maka Pacers termasuk dalam salah satu tim dengan ruang gaji paling fleksibel untuk musim depan.

Dengan pertukaran ini pula, bisa dipastikan Pacers tak lagi berniat bersaing untuk playoff di sisa musim ini. Kalaupun tim yang dipimpin Malcolm Brogdon dan ruki Chris Duarte mampu sampai ke sana, maka itu akan menjadi bonus semata untuk mereka. Target mereka jelas membangun ulang skuat untuk masa depan. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar