IBL

Kabar pertukaran antara James Harden dan Ben Simmons semakin menguat. The Athletic menyebutkan bahwa kedua tim sangat terbuka atas opsi ini. Sebuah laporan yang menarik mengingat Brooklyn Nets, tim yang dibela Harden, sempat menyatakan Sang Pemain tak tersedia untuk negosiasi.

Laporan terbaru The Athletic memang belum mendapatkan konfirmasi. Namun, selayaknya laporan-laporan lainnya, pembuktian terbaiknya adalah waktu. Batas akhir pertukaran pemain adalah Kamis, 10 Februari 2022, waktu setempat.

Pertukaran ini sendiri secara ruang gaji masih belum memungkinkan. Philadelphia 76ers selaku tim Ben Simmons butuh menambahkan pemain yang memiliki gaji setidaknya AS$2,9 juta. Dalam hal ini, pemain yang mungkin akan diminta oleh Nets adalah Matisse Thybulle.

Mungkin, Nets tidak benar-benar menginginkan Thybulle. Besar kemungkinan mereka akan meminta Tyrese Maxey. Namun, laporan yang sama menyebutkan Sixers tidak mau menyertakan Maxey di segala potensi pertukaran di musim ini. Dari sini, Thybulle adalah satu-satunya aset yang baik untuk Nets dan mungkin dilepas oleh Sixers.

Secara kecocokan gaya bermain, Nets mungkin sangat mengakomodir Ben. Namun, kita, publik, sekarang tidak benar-benar tahu apakah Ben sudah berkembang secara kemampuan menembak jarak jauh atau tidak. Beranggapan bahwa ia belum sampai sana, masih dengan kemampuannya musim lalu, maka Nets masih sangat bisa menggunakan jasanya.

Masalah utama sejauh ini memang adalah absennya Joe Harris, penembak jitu terbaik mereka. Namun, pemain seperti Kyrie Irving (di gim tandang saja), Kevin Durant, LaMarcus Aldridge, hingga Patty Mills adalah pemain yang mampu menjalankan pola serupa dengan Ben yang mengobrak-abrik pertahanan lawan. Konflik kepentingan justru mungkin terjadi di Sixers jika Harden merapat. Pasalnya, baik Harden dan Joel Embiid, bintang Sixers, adalah tipikal pemain yang butuh banyak penguasaan bola. Memang, Harden sudah terbukti bisa berperan sebagai fasilitator. Namun, Embiid belum pernah benar-benar bisa tampil beriringan dengan pemain sekaliber Harden.

Jimmy Butler memang pernah membela Sixers, bersama Embiid. Mereka pun menyatu dengan baik. Namun, Butler bukanlah tipikal bintang yang butuh banyak bola di dirinya, jauh berbeda dengan Harden. Butler baru menjalankan peran ini di Miami Heat yang memang berpusat kepadanya.

Menarik menunggu bagaimana isu ini akan berakhir. Untuk Sixers, mereka tidak mengalami kerugian sedikitpun andai kata harus menunggu sampai jeda musim atau bahkan lebih demi melepaskan Ben ke tim lain. Mereka sudah punya tim yang solid untuk bersaing di papan atas klasemen Wilayah Timur.

Nets yang akan menghadapi banyak tantangan ke depan andai Harden menyeberang. Dengan Kyrie yang masih tertahan dan kemungkinan cedera-cedera ke depan, Nets terbukti tak punya komposisi pemain yang siap bersaing di papan atas. Nets kalah tujuh gim beruntun sekarang dan terjun bebas ke peringkat enam klasemen sementara Wilayah Timur.

Satu hal lagi yang cukup membuat miris adalah fakta bahwa trio Nets tak pernah benar-benar punya kesempatan beraksi. Dihitung dengan playoff, trio Harden, Kyrie, dan Durant baru tampil 16 gim. Jika Harden benar pindah, maka kita tidak akan pernah tau apa yang bisa dicapai oleh trio ini jika dalam kondisi ideal. 

Foto: NBA

Komentar