IBL

NBA mengumumkan pemain terbaik per wilayah di pekan ke-14 pada Senin, 24 Januari 2022, waktu setempat. Di Wilayah Barat, gelar jatuh ke senter Denver Nuggets yang juga MVP musim lalu, Nikola Jokic. Untuk Wilayah Timur, gelar diberikan kepada Trae Young dari Atlanta Hawks.

Ini adalah gelar pemakn terbaik mingguan kedua untuk Trae musim ini. Sepanjang kariernya, ia sudah mendapatkan lima kali gelar serupa. Trae membantu Hawks menyapu bersih empat gim mereka di pekan 14.

Hebatnya lagi, lawan dari Hawks di empat gim tersebut adalah tim yang memiliki persentase kemenangan 50 persen atau lebih (saat bertanding), Milwaukee Bucks, Minnesota Timberwolves, Miami Heat, dan Charlotte Hornets.

Trae mencetak rataan 31,3 poin, 4,0 rebound, dan 9,0 asis per gim. Ia adalah satu-satunya pemain yang menorehkan 30+ poin dan 9+ asis di Wilayah Timur pada pekan 14 ini. Trae juga menembak 48 persen dari tripoin serta 91 persen dari tembakan gratis.

Untuk Jokic, gelar ini jadi yang pertama musim ini. Secara keseluruhan kariernya, ini jadi gelar pemain terbaik mingguan ke-10 Jokic. Catatan tersebut menyamai rekor Carmelo Anthony saat membela Nuggets. Satu gelar lagi dan Jokic akan jadi yang terbanyak dalam sejarah organisasi Nuggets.

Nuggets tampil tiga kali di pekan 14 dan menorehkan rekor (2-1). Dari sana, Jokic memimpin tim dengan rataan tripel-dobel 36,3 poin, 11,3 rebound, 10,0 asis, dan 2,3 steal. Jokic juga tajam dari tripoin dengan akurasi di angka 40 persen.

Performa terbaik Jokic terjadi di gim perdananya pada pekan 14. Menghadapi Los Angeles Clippers, Jokic merespon 50 poin Joel Embiid dengan tripel-dobel 49 poin, 14 rebound, plus 10 asis. Asis terakhir Jokic adalah asis menuju tembakan kemenangan Nuggets. 

Jokic kini jadi salah satu kandidat terkuat untuk gelar MVP. Lawannya sejauh ini adalah Joel Embiid dan Giannis Antetokounmpo. Namun, Jokic bisa dibilang unggul dari keduanya karena mampu memimpin liga untuk tembakan masuk terbanyak meski hanya ada di peringkat 19 untuk jumlah percobaan tembakan. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar