IBL

Persaingan gelar individu memang masih jauh dari perbincangan. Namun, beberapa penikmat dan pecinta basket sudah mulai mengerucutkan beberapa nama yang layak bersaing untuk gelar ini. Salah satu pemain yang cukup kencang namanya adalah Joel Embiid.

Setelah Philadelphia 76ers tak diperkuat oleh Ben Simmons yang sibuk dengan dramanya, Joel justru semakin menggila. Ia tak sekadar jadi opsi utama serangan Sixers, pemain yang akrab disapa Jojo ini bahkan menjadi pusat permainan Sixers di dua sisi permainan.

Secara bertahan, memang bisa dibilang Jojo bukanlah sosok yang akan mematikan pemain lawan sepanjang gim. Namun, ia masih sangat mampu menjaga area kunci Sixers dari terobosan lawan. 

Di sisi sebaliknya, secara serangan, entah siapa yang bisa menghentikan Jojo dari mencetak poin. Sepanjang musim ini, Jojo sama sekali tak terbendung dan ini semakin nyata terlihat saat kita melihat statistik.

Di bulan Januari ini, sejauh 10 gim yang ia mainkan, Jojo memiliki rataan dobel-dobel 33,4 poin, 10,4 rebound, 4,8 asis, dan 1,3 blok per gim. Rataan poin itu jadi yang tertinggi di liga dalam kurun waktu yang sama. Lebih absurd lagi, Jojo hanya memiliki rataan bermain selama 31,6 menit per gim. 

Secara total, dalam 10 gim, Joel mengumpulkan 334 poin dengan tampil di lapangan selama 316 menit. Secara rata-rata, maka Jojo akan mencetak 1,06 poin per menit! Ini adalah angka tertinggi di NBA sejauh ini. 

Di kariernya pun, Jojo kini adalah pemegang rekor poin per menit tertinggi di NBA. Menggunakan batas klasifikasi minimal tampil 250 gim, Jojo yang bermain 293 kali di musim reguler memiliki catatan 0,82 poin per menit. Ia mengungguli Michael Jordan yang sebelumnya memimpin daftar ini dengan 0,79 poin per menit. Bedanya, Jordan sudah memainkan 1.072 gim.

Melihat fokus Sixers yang akan terus memfasilitasi Jojo dengan pemain-pemain yang bisa mendukungnya, ia berpeluang untuk membuat rekor-rekor absurd lain di masa mendatang. Namun, Sixers tentunya juga berharap agar rekor-rekor Jojo ini bisa berujung pada prestasi yang lebih baik atau bahkan menjadi gelar juara. Banyak peluang terbuka untuk hal ini terjadi selama Joel Embiid terus mengembangkan dirinya di masa mendatang. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar