IBL

Amartha Hangtuah Jakarta berhasil mengunci kemenangan keduanya di Seri Jakarta IBL 2022. Mereka menang 68-53 atas DNA Bima Perkasa Yogyakarta di Hall Basket Senayan, Jakarta pada Selasa 18 Januari 2022. Hasil tersebut, membawa Hangtuah masuk dalam jajaran tiga besar klasemen Divisi Putih, bersama Pelita Jaya Bakrie Jakarta dan Dewa United Surabaya dengan koleksi empat poin sementara ini.

Di awal laga, pertandingan sempat berjalan alot. Kedua tim terlihat kesulitan mencetak poin. Bahkan, ketika di kuarter kedua, baik Hangtuah maupun Bima Perkasa, total hanya membukukan 16 poin saja. Babak pertama ditutup berakhir 27-21, Hangtuah memimpin jalannya laga malam hari ini.

Tensi pertandingan baru mulai memanas, ketika beranjak kuarter ketiga. Hangtuah mulai berani mencecar area bawah ring Bima Perkasa. Salah satu pemain asing mereka, Anton Davon Waters kembali bermain efektif bersama timnya. Senter berusia 27 tahun itu menjadi pencetak poin terbanyak bagi timnya.

Waters sukses membukukan dobel-dobel. Dengan raihan 21 poin dan 15 rebound. Catatan field goals-nya pun berada di angka 9/14 (64 persen). Begitupun dengan torehan tembakan bebasnya yang berada di angka 75 persen. Tak kalah dari pemain asing, rekan setim Waters, Fisyaiful Amir kembali memperlihatkan kualitasnya. Forwarda bernomor punggung 17 itu turut menyumbang 15 poin bagi Hangtuah.

Perolehan poin Hangtuah pun merata. Dari 12 pemain yang tercatat dalam roster, berkontribusi menyumbangkan poin bagi timnya. Hanya tiga pemain yang tidak berkesempatan mencetak poin bagi Hangtuah. Itu, berbeda dari Bima Perkasa. Mereka bermain di bawah kualitasnya. Berbeda jauh dibanding gim pertama mereka, ketika bersua Dewa United Surabaya.

Di gim ini, hanya David Tanner Atkinson saja yang jadi daya gedor Bima Perkasa. Forwarda berdarah Amerika Serikat itu mencetak dobel-dobel, dengan catatan 29 poin dan 12 rebound. Bahkan, satu pemain mereka, Ikram Fadhil harus menerima foul out.

“Mereka tidak bermain lepas, cenderung terlihat tertekan, tentu hal tersebut akan kami perbaiki di gim selanjutnya,” ucap Glacus Dean Murray, pelatih kepala Bima Perkasa. Di lain sisi, A.F.Rinaldo menyambut baik kemenangan kedua Hangtuah ini.

“Kami menutup penembak mereka agar mereka tidak bisa cetak angka dari luar. Di gim hari ini, kami memang banyak bermain di area bawah ring, aliran bola pun cepat, itu cara kami beri pressure ke mereka,” ucap pelatih berkepala plontos tersebut. Di gim ketiga selanjutnya, Amartha Hangtuah akan menghadapi Indonesia Patriots. Sementara Bima Perkasa akan menjajal kekuatan Evos Thunder Bogor, pada Kamis 20 Januari 2022. (hth)

Foto: Hariyanto

 

Komentar