IBL

DNA Bima Perkasa Yogyakarta belum bisa keluar dari bayang-bayang kekalahan. Dari tiga pertandingan yang sudah dijalani, mereka belum pernah mencicipi kemenangan. Kamis malam, 20 Januari 2022, Bima Perkasa tampil buruk dan kalah 32-51 atas Evos Thunder Bogor. Ini merupakan kemenangan perdana bagi Evos yang ditangani kepala pelatih Andre Yuwadi tersebut.

Permainan Indra Muhammad dan tim jadi penampilan terburuk sepanjang tiga gim terakhirnya. Bima Perkasa sempat unggul tiga poin (9-6) di kuarter pertama. Namun Evos justru bisa mengambil kendali penuh pertandingan dalam tiga kuarter terisa. Dalam catatan statistik, selama empat kuarter, Bima Perkasa tidak mampu mencetak poin digit ganda. Terbanyak mereka hanya mencatatkan sembilan poin di kuarter pertama dan ketiga.

"Mereka (Evos) bermain dengan pertahanan bagus, komunikasi dalam tim dan kesalahan kecil berbuah pelanggaran sangat merugikan tim,” imbuh pelatih Dean Murray.

David Atkinson, pemain asing dari Bima Perkasa yang sempat mencetak dobel-dobel di laga melawan Amartha Hangtuah, dibuat tidak berkutik. David hanya mampu mencetak 7 poin dan 8 rebound saja. Padahal dirinya bermain selama 21 menit lebih. Secara statistik tim, catatan akurasi tembakan Bima Perkasa sangat buruk. Dari 59 kali percobaan, Bima Perkasa hanya memasukkan 12 tembakan saja.

“Kami juga banyak kesalahan, chemistry di tim juga jadi persoalan tadi,” timpal Indra Muhammad saat sesi konferensi pers.

Di kubu lawan, kemenangan perdana Evos Thunder ini disambut baik oleh pelatih mereka, Andre Yuwadi. Meskipun secara statistik pemain Evos Thunder juga tidak ada yang menorehkan digit poin ganda bagi tim. Karamoko Cisse top skor bagi Evos yang menorehkan 9 poin dan 4 rebound. Diikuti Daniel Timothy Wenas dengan catatan 8 poin dan 5 rebound bagi Evos Thunder. “Saya berikan kredit buat anak-anak, khususnya ketika defense. Ketenangan mereka ketika menyerang bisa membuahkan poin bagi tim,” tuturnya.

Pelatih berusia 49 tahun itu juga menambahkan terkait evaluasi dibalik kemenangan timnya malam ini. “Di tiga gim terakhir ini kami sudah cukup membuat lawan minim cetak poin. Tapi, rebound baik ketika menyerang maupun bertahan tetap jadi catatan utama kami,” imbuhnya.

Di gim terakhir seri Jakarta, pada Sabtu 22 Januari 2022 mendatang, Evos Thunder bakal menghadapi Satya Wacana. Sementara, Bima Perkasa bakal menjajal Bali United. (hth)

Foto: Hariyanto

 

Komentar