IBL

Pertandingan penuh drama kembali tersaji pada lanjutan IBL 2022, Senin malam, 17 Januari 2022. Gim yang mempertemukan antara Pacific Caesar kontra RANS PIK Basketball, berhasil dimenangkan wakil Surabaya dengan skor tipis 78-75. Pacific sempat tertinggal 13 poin dan berhasil bangkit di kuarter ketiga. Lewat kemenangan tersebut Pacific kini terangkat dari dasar klasemen Divisi Merah. 

Sebaliknya, dengan kekalahan dari Pacific Caesar hari ini, posisi RANS PIK kian terpuruk. Mereka belum pernah memperoleh kemenangan dari dua gim yang sudah dilakoni. “Kontrol tekanan di lapangan masih jadi catatan buat tim kami. Masih banyak komunikasi yang tidak bagus antar sesama pemain. Perlahan kami akan perbaiki," terang Koko Heru, pelatih RANS PIK menanggapi kekalahan keduanya di musim ini.

Pada laga melawan Pacific, sebenarnya RANS PIK lebih dulu menguasai permainan hingga menutup kuarter pertama dengan keunggulan 28-17. Tidak konsisten dalam menjaga pertahanan, membuat RANS PIK kerap kecolongan dari Pacific. Kepala pelatih Aries Herman sangat baik dalam membagi peran dua pemain asingnya, yaitu Akeem Garfield Ellis dan Tyron Lamar Criswell. riswell mencetak dua poin, untuk menutup kuarter kedua dengan skor 40-41. Hanya tertingga satu poin saat turun minum membuat Pacific terlecut untuk bisa menumbangkan tim milik artis Raffi Ahmad tersebut. 

Ellis dan Criswell tampil dominan dalam hal mencetak poin. Criswell sukses membukukan 23 poin. Sementara, Ellis berperan dalam mencetak 12 poin ditambah 7 rebound bagi timnya. Di luar pemain asing, satu pemain muda Pacific Caesar, Gregorio Claudie Wibowo sukses mengemas 10 poin bagi timnya. Di kubu lawan, tiga pemain RANS PIK layak mendapat kredit poin lebih. Mereka adalah Bima Riski Ardiansyah yang sukses membukukan 17 poin, Nuke Tri Saputra dengan sumbangan 14 poin, serta Hal Shane Heyward yang mencetak 13 poin.

Ketegangan terjadi di 30 detik terakhir. Sebab kedudukan kedua tim sama kuat (74-74). Namun, Gregorio berhasil memecahkan kebuntuan bagi Pacific Caesar. Tembakan dua poinnya, membawa Pacific Caesar unggul (76-74). Harapan mengembalikan kedudukan, kembali muncul, ketika Januar Kuntara mencetak satu poin hasil tembakan bebas. Skor berubah (75-76) RANS PIK masih tertinggal.

Konsentrasi pemain RANS buyar ketika Jalil Abdul Bassit melakukan unsportsmanlike foul. Pacific Caesar mendapat dua tembakan gratis. Dio Freedo Putra sukses menyumbang satu poin untuk mengubah keadaan menjadi 77-75. Setelah itu Bima melakukan pelanggaran dan berbuah tembakan gratis untuk Pacific. Dio lagi-lagi membuat timnya bisa mengunci kemenangan. 

"Kunci kemenangan hari ini adalah disiplin. Rebound kami kuatkan, saya bilang berani untuk eksekusi aja di lapangan," ucap Aries Herman.

Selanjutnya Pacific akan berjumpa Pelita Jaya Bakrie Jakarta, pada 19 Januari 2021. Di hari yang sama, RANS akan berhadapan dengan Satria Muda Pertamina Jakarta. (hth)

Foto: Hariyanto

Komentar