IBL

Pelita Jaya Bakrie Jakarta memetik kemenangan pada gim keduanya di IBL 2022, ketika berhadapan dengan Bumi Borneo Basketball. Pelita Jaya menang dengan skor telak 81-62 atas Bumi Borneo. Lewat kemenangan ini, Pelita Jaya menduduki puncak klasemen sementara Divisi Putih. 

Sebelum melawn Bumi Borneo, Pelita Jaya lebih dulu mengatasi perlawanan Satria Muda Pertamina Jakarta di gim pertamanya. Berbeda dari pertandingan pertama, di gim kontra Bumi Borneo justru mereka sempat kehilangan momentum. Bumi Borneo yang datang sebagai debutan, bisa mencuri keunggulan ketika pertandingan baru berjalan tiga menit. Lima poin dari Austin Mofunanya, juga tambahan dua poin dari Julius Caesar Wongso membuka keunggulan Bumi Borneo atas Pelita Jaya (7-3) di pertengahan kuarter pertama. Bahkan, sampai menjelang akhir kuarter, Bumi Borneo masih bisa unggul (16-14).

Beruntungnya, dua poin pada satu menit terakhir dari tembakan bebas Dior Lowhorn mengamankan posisi Pelita Jaya. Kuarter pertama berakhir imbang 16-16 untuk kedua tim. Dominasi Pelita Jaya baru terlihat ketika pertandingan memasuki kuarter keempat. Dior Lowhorn tampil membara di laga tersebut. 

Lowhorn sukses mengemas 26 poin dan 9 rebound. Disusul catatan poin dari Hardian Wicaksono dan Andakara Prastawa yang masing-masing menyumbang 13 poin dan 11 poin bagi Pelita Jaya. Serangan Bumi Borneo terlihat lemah di kuarter terakhir. Usai mengambil time-out di empat menit terakhir, Pelita Jaya terus memperlebar jarak keunggulan dan mempersulit torehan poin Bumi Borneo.

Sebanyak tujuh poin tercipta untuk Pelita Jaya. Sementara Bumi Borneo hanya mampu mendulang empat poin saja. Kevin Bridgewaters menyumbang empat poin ditambah tiga poin dari Fernando Manangsang untuk membawa Pelita Jaya unggul (80-54). Bumi Borneo sempat menambah delapan poin lagi, mendekati akhir kuarter keempat untuk mengejar ketertinggalan. Sayangnya, tambahan poin itu belum cukup mengembalikan keadaan. Vincent Kosasih justru menyumbang satu poin melalui tembakan bebas, untuk mengunci kemenangan Pelita Jaya (81-62) dari Bumi Borneo.

Jap Ricky Lesmana menyebutkan timnya masih sering kehilangan momentum. “Banyak harus diperbaiki, defense kami perlu diperbaiki, kami akan terus belajar mengembangkan hal tersebut,” ucap asisten pelatih Pelita Jaya itu.

Asisten pelatih Bumi Borneo, Rimbun Sidahuruk juga turut menyoroti kekalahan kedua timnya di IBL musim ini. “Sudah ada sedikit progress, gimana pemain bisa menutupi kesalahan dari gim sebelumnya. Harapannya kami bisa ambul di dua gim selanjutnya,” tuturnya. (hth)

Foto: Hariyanto

Komentar