IBL

West Bandits Combiphar Solo tampil dominan ketika berjumpa RANS PIK Basketball, Sabtu malam, 15 Januari 2022, di Hall Basket Senayan, Jakarta. Tim besutan Raoul Miguel Hadinoto itu sukses memenangi laga dengan keunggulan 75-57 atas RANS PIK, pada hari pertama IBL 2022.

Partai bertajuk "derby Andara" ini menyita perhatian publik. RANS PIK adalah klub milik Raffi Ahmad, sementara Presiden Klub West Bandits adalah rekan sesama artis yaitu Gading Marten. Keduanya turut hadir di arena untuk menyaksikan pertandingan pertama masing-masing tim di IBL 2022.

West Bandits tampil perkasa, khususnya di babak pertama. Widyanta Putra Teja dan kolega bermain sangat efektif, terutama dari sisi tembakan tiga angka. West Bandits mencetak 13 tripoin dari 34 percobaan (38 persen). Artinya, hampir setengah poin yang dicetak West Bandits dari tembakan jarak jauh.

Hal tersebut sudah terlihat sejak tepis mula. Dua tembakan tiga angka secara beruntun dari Widi dan Michael Ayodele Kolawole di awal kuarter pertama langsung membawa West Bandits unggul 6-0. Patrick Nikolas menambah West Bandits menjadi 8-0 ketika laga belum genap tiga menit. Itu membuat para pemain RANS PIK terkejut dengan skema permainan West Bandits. Namun, RANS PIK coba tenang dan mengatur tempo untuk mengimbangi permainan West Bandits.

Di kuarter kedua, West Bandits makin menggila. Kolawole memasukkan empat poin beruntun lewat dua kali slam dunk beruntun, untuk membawa West Bandits unggul 35-16 atas RANS. West Bandits unggul 20 poin (41-21) saat turun minum. 

Terus menekan, di kuarter ketiga, para pemain West Bandits berhasil mencetak empat kali tripoin. Tiga diantaranya dicetak secara beruntun. Dua dari Rio Disi, lalu tripoin Patrick Nikolas dan D'Monta Harris menutup kuarter ketiga dengan keunggulan 63-40. West Bandits bisa mempertahankan keunggulan tersebut hingga laga usai. 

Dmonta Quoshawn Harris mencetak 18 poin untuk West Bandits, disusul Rio Disi (12 poin) dan Patrick Nikolas (11 poin). Dari 12 pemain dalam roster West Bandits kali ini, hanya tiga pemain yang tidak mencetak poin. Selebihnya, semua punya kontribusi dalam kemenangan West Bandits. Para pemain di bangku cadangan menyumbang total 43 poin di pertandingan tersebut. Sementara di kubu RANS, Jalil Abdul Bassit berhasil menyumbang 25 poin bagi timnya. 

"Kami tampil baik di hari ini untuk meraih kemenangan. Namun, kami masih punya catatan untuk diperbaiki di gim selanjutnya. Rebound, utamanya offensive rebound, kami masih sering kecolongan." tandasnya.  

Di lain sisi, Koko Heru head coach RANS PIK menyebutkan kekalahan ini harus jadi pelajaran penting buat timnya. "Kami sudah tahu dan mengantisipasi bahwa West Bandits akan menyerang kuat dari tripoin. Sayangnya, dalam praktik bertahan, para pemain kurang siap melakukan penjagaan dan akhirnya mereka bisa lebih leluasa menembak," terangnya.

Di pertandingan selanjutnya, RANS PIK sendiri akan menghadapi Pacific Caesar. Sementara West Bandist akan melawan Prawira Bandung pada Senin, 17 Januari 2022 lusa. (hth)

Foto: Hariyanto

Komentar