IBL

West Bandits Combiphar Solo tidak menemui kesulitan berarti ketika berjumpa salah satu tim kuat di IBL musim 2022, yaitu Prawira Bandung. Pada laga yang berlangsung Senin, 17 Januari 2022 malam, tim asal Solo itu sukses memetik kemenangan atas Prawira dengan skor 77-57.

Meski sempat tertinggal di kuarter pertama (18-16), West Bandits terus melaju di tiga kuarter berikutnya. Tim polesan Raoul Miguel Hadinoto itu terlihat leluasa memainkan pola pertandingan sepanjang laga. Penyerangan Widyanta Putra Teja dan tim terlihat berbeda, jika dibandinkan saat berjumpa RANS PIK Basketball di gim pertama.

West Bandits lebih menyerang dengan skema yang variatif. Tidak hanya mengandalkan tembakan tiga angka saja. Itu terlihat dari statistik yang ditorehkan anak-anak Bandits ketika bersua Prawira. Tercatat dalam statistik mereka memasukkan 32/96 tenbakan atau secara persentase menyentuh angka 46 persen.

Demkian pula dengan akurasi tembakan dua poin mereka yang menyentuh 55 persen. Namun, efektivitas tripoin mereka cukup timpang jika dibanding gim pertama. Di laga kontra Prawira, persentase tiga poin mereka hanya ada di 30 persen. 

Hanya saja, itu bisa ditutupi dengan akurasi tembakan bebas mereka yang berada di 55 persen. Data tersebut cukup memperlihatkan, bagaimana cara bermain West Bandits yang berbeda dari gim pertama.

Catatan itu, berbeda jauh jika dibanding dari Prawira. Di gim keduanya ini, Abraham Damar Grahita dkk hanya mampu membukukan akurasi keseluruhan di angka 30 persen. Akurasi tembakan tripoin mereka, juga jauh dari lawannya dengan hanya 12 persen. Keunggulan akurasi tembakan gratis tak berpengaruh banyak pada skor akhir untuk Prawira.

David Silengton cukup menyayangkan hasil yang didapat tim asuhnya ini. “Permasalahan mental jadi faktor utama, kami akan kejar di gim selanjutnya,” terangnya usai laga. 

Sebaliknya, kemenangan kedua ini makin membuat kubu West Bandits menggebu menjamu lawan selanjutnya. "Kami punya komitmen untuk terus berproses. Kami tidak memikirkan menang atau kalah, yang terpenting bagaimana kita menjalani gim dengan baik,” tutur Raoul Miguel.

Michael Kolawole dan Patrick Nikolas jadi dua pemain produktif bagi West Bandits hari ini. Kolawole mencetak 14 poin. Sementara, Patrick membukukan 12 poin.

Brian Michael Williams jadi salah satu tumpuan Prawira pada laga tadi. Ia mencatatkan 12 poin di gim pertamanya musim ini. Di lain sisi, permainan Taj Davis Spencer juga patut diapresiasi. Kendati hanya mencetak 5 poin, senter kelahiran Los Angeles, Amerika Serikat itu menyumbang 12 rebound bagi Prawira.

Di gim berikutnya, Prawira bakal bersua Bumi Borneo Basketball. Sementara, West Bandits akan berhadapan dengan NSH Mountain Gold Timika pada Rabu 19 Januari 2022 lusa. (hth)

Foto: Hariyanto

Komentar