IBL

Satria Muda Pertamina (SM Pertamina) memperkenalkan susunan tim untuk mengarungi musim baru IBL, Selasa, 11 Januari 2022, di BritAma Arena, Jakarta Utara.

Juara Indonesia 11 kali ini kembali diperkuat oleh dua pemain asing asal Amerika, Elijah Foster dan William Tinsley IV, keduanya sebelumnya sudah pernah mencicip atmosfir kompetisi di Indonesia pada musim 2020 lalu.

Perubahan yang cukup mencolok pada tubuh SM Pertamina tampak dari kehadiran sosok pemain muda yang ada di tim seperti Antoni Erga (22), Kelvin Sanjaya (21), dan Argus Sanyudy (22).

Elijah Foster, yang pada 2020 juga bermain untuk Satria Muda Pertamina mengatakan bahwa dirinya senang dan antusias untuk bisa kembali bermain di Indonesia. “Saya ingin menuntaskan misi yang belum selesai bersama Satria Muda, perjalanan saya di musim 2020 lalu belum tuntas, saya datang kembali dengan rasa lapar yang lebih besar dan siap untuk bersama-sama bekerja meraih gelar,” ujar pria asal Seattle ini. 

Youbel Sondakh, Pelatih Kepala SM Pertamina menegaskan bahwa timnya siap untuk mengarungi musim baru yang akan dimulai dalam hitungan hari. “Target kami tetap dan selalu ingin meraih gelar juara musim ini, kami telah mempersiapkan diri dengan maksimal dan berharap bisa berdiri di puncak pada akhir musim nanti,” terang pelatih yang musim lalu menangani Indonesia Patriots ini.

Disinggung mengenai waktu adaptasi pemain asing yang terbilang singkat menjelang IBL musim 2022, Youbel mengakui bahwa kondisi ini tidak ideal. “Sampai hari ini kita belum sempat mencoba pemain impor kita dalam pertandingan uji coba, tidak ada waktu lagi,” tegasnya. Meski demikian Youbel menggaris bawahi bahwa kondisi yang dialami oleh SM Pertamina bukanlah kondisi yang unik, sebab hampir semua tim memiliki masalah yang sama.  

Presiden Klub SM Pertamina, Baim Wong, menambahkan bahwa dirinya berharap SM Pertamina mampu bersaing pada seri pembuka yang akan digelar di Gedung Basket GBK akhir pekan ini. “Saya berharap tim mampu compete dan menampilkan performa yang baik pada seri perdana nanti. Tentu kita selalu ingin menang, namun lebih penting untuk bermain maksimal karena seri pembuka nanti merupakan awal dari proses panjang yang akan diarungi oleh SM,” ujar Baim. 

Pada musim kompetisi ini Satria Muda juga memastikan dukungan dari Pertamina, sebagai sponsor utama mereka. Kerja sama antara Pertamina dan Satria Muda sendiri sebelumnya sudah terjalin sejak musim 2015 dan dipastikan masih akan berlanjut. 

Brahmantya Satyamurti Poerwadi, Corporate Secertary PT. Pertamina (Persero) menerangkan bahwa keputusan perusahaan untuk memperpanjang kerja sama dengan Satria Muda tidak lepas dari performa dan citra positif SM Pertamina di dalam maupun di luar lapangan. “Pertamina bangga bisa terus mendukung Satria Muda berkiprah di liga bola basket nasional. Kami berharap dukungan Pertamina dapat berkontribusi untuk membawa Satria Muda terus berprestasi sebagai tim bola basket unggulan yang mampu membangkitkan olahraga Indonesia,” ujarnya.

Satria Muda berhasil mengoleksi dua gelar juara sepanjang kerja sama dengan Pertamina dimulai. Dalam prosesnya, mereka juga berhasil lolos ke final di empat musim terakhir secara beruntun.

Hal baru yang diperkenalkan pada kesempatan ini adalah jersei pemain. Satria Muda Pertamina tampil segar dengan balutan kostum baru yang diproduksi oleh Apparel Juara. 

Mochtar Sarman, Presiden PT. Machali Sports International, selaku pemilik merk Apparel Juara menyambut baik kesempatan untuk bekerja sama dengan Satria Muda. 

“Satria Muda Pertamina menjadi tim bola basket pertama yang kami dukung, Apparel Juara bangga bisa menjadi bagian dari Satria Muda Pertamina musim ini. Kami juga melakukan beberapa inovasi dan perubahan untuk membuat jersei SM Pertamina musim ini semakin modern dan membantu atlet untuk memberikan performa terbaik di lapangan,” ujar Mochtar. 

Dalam acara ini diperkenalkan dua desain jersei yang akan dikenakan Hardianus, dkk pada musim depan.

Secara total Satria Muda Pertamina yang dipimpin oleh Youbel Sondakh pada musim depan akan diperkuat oleh 15 pemain. Arki Dikania Wisnu, yang menjalani tahun ke-11 dalam karir profesionalnya kembali di dapuk sebagai kapten tim Satria Muda Pertamina.  

SM Pertamina akan memainkan pertandingan pembuka musim pada Sabtu (15/1) melawan Pelita Jaya Bakrie di Gedung Basket GBK. Pertandingan sekaligus menjadi ulangan partai final IBL Pertamax 2021. (DRMK)

Sumber: Rilis Resmi Satria Muda Pertamina

Foto: Dokumentasi Satria Muda Pertamina

Komentar