IBL

Garda muda milik Oklahoma City Thunder Josh Giddey mencetak rekor yang belum pernah dilakukan pemain NBA dalam setengah abad terakhir. Pada pertandingan melawan New Orleans Pelicans, Senin sore, 27 Desember 2021, waktu setempat, Giddey mencetak 10 rebound dan 10 asis. Ini adalah dobel-dobel tanpa poin pertama di NBA dalam 50 tahun terakhir. Setelah mencetak rekor tersebut kepala pelatih Thunder Mark Daigneault mengatakan kalau Giddey tampak frustasi, dan butuh motivasi. 

Pada tahun 1971, pemain bernama Norm Van Lier dari Chicago Bulls bisa mencetak dobel-dobel tanpa poin. Kemarin, pemuda asal Australia berusia 19 tahun berhasil melakukan hal yang sama. Meski sudah mencetak rekor langka, tapi sebagai pelatih, Mark Daigneault melihat sesuatu yang janggal dalam diri Giddey. 

"Untuk anak seusianya, dan di era sekarang, Giddey sepertinya frustasi dengan kegagalannya mencetak poin. Memang dalam 82 pertandingan, kita tidak bisa berharap selalu mencetak poin. Ada saatnya tubuh merasa sakit. Tapi ketika tidak mencetak poin, itu seperti tidak punya usaha dalam pertandingan," kata Daigneault, dikutip dari News.com.au.

Meski Giddey tidak mencetak poin, tapi Thunder bisa menang 117-112 atas Pelicans. Ini semua berkat Shai Gilgeous-Alexander yang menyumbang 31 poin. Lebih jauh, Daigneault berharapa Giddey bisa belajar dari setiap pertandingan. Memang selalu dibutuhkan konsistensi dalam bermain, tapi tidak hanya soal poin saja. 

"Saya pikir dia frustasi karena tidak bisa melakukan tembakan dengan baik. Namun tidak ada yang bisa menyalahkannya. Karena dia sudah berusaha dengan baik," jelasnya. "Pada titik tertentu, memang seorang pemain harus bisa mengendalikan diri dan tidak hanya berpikir poin."

Daigneault menegaskan bahwa dalam sebuah permainan basket tidak akan ada yang selalu menjadi sinar matahari setiap hari. Terkadang seorang pemain bisa jadi pelangi saja. Indah namun tidak bisa bersinar seperti matahari. (tor)

Foto: Global Eye Live 

 

Komentar