IBL

Setelah tidak pernah menang dalam empat pertandingan di awal musim 2021-2022, Oklahoma City Thunder hari ini memberikan kejutan dengan mengalahkan Los Angeles Lakers, 123-115. Di balik kemenangan tersebut, terselip nama Josh Giddey. Pemuda 19 tahun asal Australia yang mencetak dobel-dobel pertama dalam karirnya. 

Pemuda kelahiran Melbourne, 10 Oktober 2002 tersebut mencetak 18 poin dan 10 asis. Dia menjadi pemain termuda kedua sepanjang 75 tahun perjalanan NBA yang mampu mengirimkan 10 asis dalam satu pertandingan. Rekor pertama masih dipegang oleh LeBron James, yang mencetak 10 asis atau lebih dalam usia 18 tahun 355 hari. 

Giddey yang merupakan pemain draft urutan keenam, melengkapi skuad muda Thunder. Jadi laga Rabu malam menjadi pertemuan tim dengan rata-rata usia termuda melawan Lakers yang punya rata-rata usia tertua di NBA musim ini. Thunder yang tertinggal 26 poin di babak pertama, bisa bangkit dan memenangkan pertandingan. Giddey memainkan peran yang bagus lewat visi bermain dan kemampuan mengirimkan umpan manis. 

Penampilan Giddey kali ini membuat media sosial ramai. Nick Crain dari Slam Online berpendapat bahwa Giddey bisa jadi mesin tripel-dobel baru NBA di masa depan, dengan kemampuannya yang istimewa. Sementara Cody Taylor dari USA Today meyakini bahwa ini bukanlah rekor terakhir yang dicetak Giddey. Sebab pemuda Australia tersebut bakal mencetak rekor-rekor fantastis lainnya. Mengingat usianya masih 19 tahun. 

Giddey merupakan produk dari Adelaide 36ers di NBL Australia, sebagai bagian dari pengembangan pemain Draft NBA. Ia menjadi pemain Australia pertama yang masuk program tersebut. Sementara, Giddey menolak tawaran Arizona State University untuk tampil di NCAA. Pada 26 April 2021, Giddey menjadi pemain Australia termuda dalam sejarah NBL yang mencetak tripel-dobel (12 poin, 10 rebound, 10 asis). Dia menyabet gelar rookie of the year di NBL tahun 2021. Tanpa berpikir panjang, Oklahoma City Thunder langsung memilihnya dalam Draft NBA 2021 putaran pertama. Giddey juga pernah mendapatkan medali emas bersama timnas Australia pada kejuaraan FIBA Oceania U17 tahun 2019. (tor)

Foto: USA Today  

Komentar