IBL

Dalam 24 jam terakhir di media olahraga Amerika Serikat dibanjiri berita tentang penambahan kasus Covid-19. NBA juga tak luput dari badai positif ini. Liga mulai khawatir dan terus meminta para pemain segera mendapatkan penguat vaksin. 

Kasus terakhir adalah Dillon Brooks, sebelum Memphis Grizzlies menjamu Los Angeles Lakers, hari ini, Kamis, 9 Desember 2021, waktu Amerika Serikat. Sebelumnya Brooks dikeluarkan dari pertandingan melawan Dallas Mavericks karena protes keras terhadap wasit. Brooks kabarnya juga dapat denda dari liga. Tapi yang lebih mengejutkan dia dinyatakan positif Covid-19 satu jam sebelum tip-off. 

Sebelum Brooks, beberapa tim sudah kehilangan pemain seperti Chicago Bulls, Charlotte Hornets, Indiana Pacers, dan Toronto Raptors. Bulls punya lima pemain yang dikarantina termasuk DeMar DeRozan dan Derrick Jones Jr.. Hornet juga ada lima pemain yang dikarantina. Sementara Pacers harus kehilangan pelatih Rick Carlisle yang masuk ruang karantina setelah dinyatakan positif Covid-19. Terakhir malah Masai Ujiri, presiden klub Raptors yang dikabarkan terpapar Covid-19. 

Dillon Brooks menjadi pemain kedua Grizzlies yang dikarantina setelah Ja Morant. Menurut pelatih Taylor Jenkins, sepertinya NBA harus bertempur lagi dengan Covid-19. 

"Saya pikir, apa yang terjadi belakangan membuktikan bahwa membuat sistem gelembung seperti di Orlando adalah jalan keluar yang baik. Kami sudah berusaha proaktif mengikuti protokol kesehatan, tapi hasilnya masih ada kebocoran," ungkapnya, dikutip dari The Orange County Register. 

Tim-tim sendiri sudah meminta pemain untuk mendapatkan suntikan penguat vaksin. Mereka juga memberikan pengarahan kepada para pemain untuk tetap memakai masker, cuci tangan, dan hal-hal lain terkait protokol kesehatan. Namun kasus positif di NBA kembali naik.

"Seberapa khawatirnya saya? Tunggu lihat saja nanti. Mudah-mudahan badai ini tidak menimpa tim kamim" imbuh Jenkins.

NBA sendiri melaporkan bahwa 97 persen pemain sudah vaksin. Sementara dari jumlah tersebut 60 persen sudah mendapatkan suntikan penguat vaksin. Ironisnya, beberapa kasus baru, termasuk Morant dan Ujiri, ternyata masuk dalam daftar orang yang sudah disuntik booster vaksin. (tor)

Foto: CBS Sports

 

Komentar