IBL

New York Knicks datang dengan berita yang bisa dibilang mengejutkan. Seiring 20 gim berlalu, Kepala Pelatih Knicks, Tom Thibodeau, mengumumkan kepada wartawan bahwa Kemba Walker tak lagi masuk dalam rotasi pemain Knicks.

Bukan digeser menjadi pemain cadangan, Kemba untuk sekarang (ditekankan oleh Thibs) benar-benar kehilangan menit bermain di Knicks. Sebagai gantinya, Thibs akan memainkan Alec Burks sebagai pemain utama.

"Saya ingin merapatkan lagi rotasi menit bermain. Saya suka bagaimana tim ini bekerja dengan rotasi yang kami gunakan dalam gim melawan Atlanta Hawks (Sabtu, 27 November 2021, waktu setempat)," buka Thibs.

"Untuk sekarang, ya, Kemba telah keluar dari rotasi pemain kami. Saya sudah bicara dengannya dan ini adalah keputusan terbaik untuk tim. Saya melihat Kemba sebagai seorang starter dan sulit untuk saya memainkan tiga garda bersamaan. Ini keputusan yang saya buat, saya menghargai Kemba secara personal dan atas segala pencapaiannya di liga," tutupnya.

Kemba sendiri terus mengalami penurunan permainan sejak musim lalu masih membela Boston Celtics. Musim ini, bersama Knicks, Kemba menorehkan rataan 11,7 poin, 2,6 rebound, dan 3,1 asis dengan 24,5 menit per gim. Semuanya adalah catatan terendah dalam kariernya.

Pun begitu, statistik juga menunjukkan bahwa Kemba memang tak nyetel dengan Knicks. Buruknya lagi, semakin sering Kemba bermain semakin terluka pula Knicks. Catatan +/- menunjukkan Kemba di angka -122 yang artinya Knicks tertinggal 122 poin selama Kemba di lapangan. Catatan ini merupakan yang terburuk oleh pemain NBA musim ini yang membela tim dengan rekor menang lebih banyak timbang kalah.

Miris memang, apalagi jika mengingat tiga musim lalu, Kemba adalah bagian dari All-NBA Team. Namun, merosotnya performa Kemba memang tak lepas dari cedera lutut yang mendera. Cedera ini membuat eksplosivitas Kemba saat menyerang mulai menghilang. Dengan hilangnya faktor ini, pertahanan yang selalu menjadi kelemahan Kemba pun jadi semakin terlihat jelas.

Kini Kemba harus rela duduk manis di bangku cadangan Knicks sampai keputusan selanjutnya keluar. Kemungkinan terbesar adalah Kemba akan ditukar ke tim lain. Namun, dengan gaji yang cukup besar dan penurunan permainan, menukar Kemba bukanlah hal mudah untuk diwujudkan. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar