IBL

Air Jordan 1 boleh jadi siluet sepatu signature Michael Jordan bersama Nike paling populer. Tapi, kita perlu membuka mata bahwa ada 14 edisi lain setelahnya yang dipakai legenda Chicago Bulls itu selama berkarir. Termasuk di antaranya seri ke-13. Kabarnya, satu di antara edisi spesialnya dilelang.

Pelelangan dilakukan oleh Christie’s. Pihak tersebut sejatinya sudah beberapa kali mengadakan lelang untuk sepatu-sepatu Air Jordan. Hingga bekerjasama dengan Stadium Goods mengkurasi sederet sepatu basket yang benar-benar dipakai bertanding oleh Mike. Termasuk memorabilia langka lainnya.

Kali ini, mereka menghadirkan Air Jordan 13 ‘He Got Game’. Edisi tersebut dibikin Tinker Hatfield untuk musim 1997-1998. Menjadi sepatu yang menghiasi Sang pemain untuk permainan terakhirnya untuk Chicago Bulls sebelum akhirnya tim terkuatnya dibubarkan. Seperti yang sudah diceritakan dalam serial ‘The Last Dance’ besutan Netflix.

Film ‘He Got Game’ (1998) disutradarai dan diproduseri oleh Spike Lee. Denzel Washington dan Ray Allen jadi tokoh utama. Dalam suatu adegan, tampak keduanya sedang berada di sebuah toko sepatu olahraga untuk membeli Air Jordan 13 berwarna putih aksen hitam-merah. Dari sinilah masyarakat kemudian menamainya sesuai dengan film.

Bukan hanya properti film. Sepatu yang dilelang kali ini dipakai Michael Jordan saat ia mengawal Bulls memenangkan pertandingan melawan New York Knicks 111-109 pada 18 April 1998. Ini menjadi pertandingan reguler terakhir sebelum memasuki babak Playoff. Pebasket bernomor 23 itu tampil moncer setelah sukses membuat 44 poin.

Meski sudah pasti dibubarkan, Jordan tetap gemilang pada musim tersebut. Ia mencatatkan rataan per gim 28,7 poin, 5,8 rebound, dan 3,5 asis. Ia juga meraih penghargaan MVP kelima, juara NBA keenam kalinya, dan MVP laga final yang keenam. Setelah musim 1997-1998 berakhir, Jordan pensiun selama beberapa waktu sebelum akhirnya kembali lagi ke NBA berseragam Washington Wizards.

Rumah lelang Christie’s di New York sedang melaksanakan parade lelang selama sebulan penuh sampai 9 Desember. Air Jordan 13 ‘He Got Game’ jadi salah satu barang buruan di dalamnya. Produk itu – yang ditandatangani Michael Jordan– dipajang di sana pada 3-7 Desember. (ajb)

Foto: Andrew D. Bernstein/NBA, Christie's Auction

Komentar