IBL

Hitung mundur menuju FIBA Asia Cup 2022 dimulai setelah Kantor FIBA Regional Asia dan Federasi Bola Basket Indonesia (PP Perbasi) resmi menetapkan bahwa ajang ini akan diselenggarakan pada 12-24 Juli 2022. FIBA Asia Cup 2022 seharusnya digelar pada bulan Agustus 2021 lalu. Namun turnamen ini dijadwalkan ulang karena pandemi Covid-19. 

FIBA Asia Cup 2022 yang akan digelar di Jakarta, Indonesia, diikuti oleh 16 tim yang sudah lolos melalui kualifikasi. Indonesia akan menjadi tuan rumah kedua kalinya sepanjang sejarah penyelenggaraan Asia Cup. Sebelumnya FIBA Asia Cup 1993 digelar di Jakarta. 

16 tim yang akan bersaing di Jakarta antara lain juara bertahan Australia, Bahrain, Tiongkok, Taipei, India, Iran, Jepang, Yordania, Kazakhstan, Korea Selatan, Lebanon, Selandia Baru, Filipina, Arab Saudi, Suriah, dan tuan rumah Indonesia. Undian babak penyisihan untuk FIBA Asia Cup 2022 akan diselenggarakan pada Rabu, 8 Desember 2021.

Ketua Panitia Pelaksana Jakarta FIBA Asia Cup 2022 Junas Miradiarsyah menyambut baik pengumuman dari FIBA Asia ini. Ia mengatakan, penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022 diharapkan bisa menjadi momen kebangkitan bola basket Indonesia.

"Meski sempat ada penundaan FIBA Asia Cup dari Agustus ke tahun depan, FIBA sudah menentukan tanggal untuk tahun depan sehingga dipastikan event basket terbesar di Asia ini akan terselenggara. Ini bisa menjadi tonggak kebangkitan bola basket nasional kembali," kata pria yang juga menjabat sebagai Direktur Utama IBL tersebut. 

"Tanggal 8 Desember akan dilaksanakan drawing yang bisa kita mulai manfaatkan sebagai momentum kebangkitan bola basket kita. Mudah-mudahan tahun 2022 dan 2023 situasi semakin membaik sehingga basket menjadi olahraga yang semakin bangkit lagi dari sebelumnya," katanya. 

FIBA Asia Cup ini penting bagi Indonesia. Sebab, mereka bisa lolos ke Piala Dunia Basket (FIBA World Cup) 2023 dengan syarat bisa menempati posisi delapan besar di FIBA Asia Cup. Jadi timnas Indonesia juga harus fokus pada target-target yang sudah ditetapkan. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar