IBL

IBL 2022 akan diikuti 16 tim peserta. Sistem yang digunakan untuk musim reguler sama seperti musim lalu, yaitu menggunakan sistem grup. Sehingga 16 tim ini dibagi menjadi dua grup. Hasilnya undian ini diumumkan IBL pada Senin, 22 November 2021. 

Mekanisme pembagian grup kali ini menggunakan sistem undian dengan empat pot. IBL sendiri menentukan pot tersebut berdasarkan pencapaian klub musim lalu, khususnya di pot 1,2 dan 3. 

Mula-mula Satria Muda Pertamina Jakarta dan Pelita Jaya Jakarta sebagai final IBL 2021 ditempatkan di pot 1. Kemudian West Bandits Solo dan Dewa United Surabaya sebagai semifinalis ada di pot 2. Lalu, DNA Bima Perkasa dan Prawira Bandung sebagai tim yang lolos playoff ada di pot 3. Sisanya, 10 tim peserta, termasuk kontestan baru dan Indonesia Patriots ditempatkan di pot 4. 

Berikut hasil undian pembagian grup IBL 2022:

Setiap tim yang berada di divisi atau grup yang sama akan memainkan sistem kompetisi penuh. Mereka akan saling berhadapan dua kali di musim reguler. Sementara untuk tim lintas divisi hanya bertemu sekali saja. Bedanya kali ini, babak playoff akan diambil delapan klub. 

"Delapan tim terbaik akan maju ke babak playoff. Rencananya sistem di playoff adalah home-and-away dengan format best-of-three," kata Junas Miradiarsyah selaku Direktur IBL. 

Total pertandingan untuk musim reguler nanti ada 176 laga, dan di babak playoff 21 laga. Karena di playoff tim peringkat pertama melawan peringkat kedelapan, peringkat dua akan berhadapan dengan peringkat ketujuh, dan begitu seterusnya. (tor)

Foto: Hariyanto

 

Komentar