IBL

Ada pembahasan menarik yang terkait dengan LeBron James akhir pekan ini. Terutama saat bintang Los Angeles Lakers tersebut absen dalam delapan laga. Sampai saat dia bermain kembali, NBA tidak mengeluarkan hukuman atau denda karena LeBron tetap ada di lapangan, bahkan ikut masuk lapangan, meski tidak memakai seragam. Ada indikasi kalau LeBron memang jadi "anak emas" NBA. 

LeBron James sudah tampil lagi. Kemarin, dia bermain bersama Lakers di TD Garden. Ini menjadi kemunculan perdana setelah absen delapan pertandingan karena cedera otot perut. Masalahnya, selama cedera, LeBron tetap ada di bangku cadangan pemain. Tidak memakai seragam, namun ikut terlibat dalam permainan. Seperti memberi saran dan instruksi pada rekan-rekannya, membantu rekannya saat jatuh, dan bahkan melakukan protes terhadap keputusan wasit.

Alex Krischenbaum dari Sports Illustrated memberikan gambaran bahwa apa yang dilakukan LeBron ini seharusnya mendapatkan hukuman atau denda dari NBA. Setidaknya LeBron ditegur oleh liga. Namun sampai dia bermain kembali, NBA tidak mengeluarkan keputusan apa-apa. 

Krischenbaum mengingatkan bahwa NBA pernah sangat serius memperhatikan aturan ini di era David Stern. Pemain yang statusnya tidak aktif, boleh berada di bangku cadangan, namun tidak diizinkan meninggalkan tempat duduk. Pada playoff tahun 2007, NBA pernah menurunkan sanksi skorsing satu pertandingan untuk pemain Phoenix Suns, Amare Stoudemire dan Boris Diaw. Mereka absen di gim kelima melawan San Antonio Spurs, yang berakibat Suns gagal ke final NBA. 

Namun melihat yang terjadi sekarang tampaknya berbeda. LeBron James dengan santai bisa duduk di baris pertama pemain cadangan Lakers, tanpa memakai seragam. Kemudian dengan bebas bisa masuk ke pertandingan, dan melakukan protes terhadap wasit. Menurut Krischenbaum, ada dua spekulasi. Pertama, memang Adam Silver sudah melonggarkan aturan tersebut. Kemudian spekulasi kedua, karena pelakunya adalah LeBron James. Tampaknya Krischenbaum pesimistis NBA akan menurunkan sanksi kepada LeBron, seperti yang dialami Stoudemire dan Diaw. 

Berbeda dengan LeBron, dalam kasus ini, banyak pemain non-aktif, atau sedang cedera, sekarang duduk di bangku cadangan. Seperti Stephen Curry dan Draymond Green di laga melawan Detroit Pistons, kemarin malam. Namun mereka tetap memakai jaket dan celana training seperti layaknya pemain cadangan lainnya. Green dan Curry hanya sesekali bangun dari tempat duduk untuk ikut merayakan keberhasilan pemain lain mencetak poin. 

Jadi kesimpulannya, apakah NBA sudah melonggarkan aturan ini, atau memang karena LeBron James jadi orang yang "istimewa" di mata NBA? Sementara pemain lain tetap tertib dan berusaha mematuhi apa yang menjadi kesepakatan liga. Namun yang pasti, sampai sekarang tidak ada sanksi untuk LeBron James. (tor)

Foto: USA Today

Komentar