IBL

NSH Mountain Gold Timika akan diasuh oleh pelatih asing di IBL 2022. Mereka mendatangkan pelatih berkebangsaan Inggris, Anthony Garbelotto. Sosok yang pernah memimpin tim Saigon Heat di ASEAN Basketball League. Dia juga pernah menjadi pelatih timnas Inggris Raya di Kualifikasi FIBA World Cup 2019. 

Kabar kedatangan pelatih berusia 52 tahun ini dibenarkan oleh manajer tim NSH, Yusuf Arlan Ruslim. Pelatih Tony sudah berada di Jakarta, dan segera memimpin latihan. 

"Kami melihat pengalaman dan prestasinya selama menjadi pelatih. Selain itu, dia pernah melatih tim Saigon Heat. Tentunya lebih cepat beradaptasi dengan kultur basket Asia Tenggara. Harapannya dia bisa membawa semangat baru di tim kami," ungkap Arlan, kepada Mainbasket. 

Tony Garbelotto memulai karir sebagai pelatih sejak tahun 1992. Kebanyakan dia melatih tim liga basket Inggris. Ia menjadi pelatih kepala Everton Tigers pada 30 April 2008, dan memimpin tim tersebut meraih three-peat di musim 2010-11. Kemudian pada tahun 2014 ia menandatangani kontrak sebagai asisten pelatih Jason Rabedeaux di tim Saigon Heat Vietnam. 

Setelah 13 pertandingan di musim 2014 Rabedeaux meninggal. Posisi kepala pelatih dipercayakan kepada Garbelotto. Heat menyelesaikan musim di tempat keempat, dan masuk playoff ABL untuk pertama kalinya. 

Pada bulan September 2017, Garbelotto mengambil alih posisi kepala pelatih timnas Skotlandia untuk Commonwealth Games 2018. Selanjutnya dia memimpin timnas Inggris Raya di Kualifikasi FIBA World Cup 2019. Terakhir Garbelotto menjadi pelatih tim Ibaraki Robot di B.League, Jepang. (tor)

Foto: From The Worcester News

Komentar