IBL

IBL menggelar malam Draft secara virtual pada Rabu, 10 November 2021. Ini merupakan salah satu tahapan penting sebelum menuju musim kompetisi 2022. Dalam Draft tersebut 15 tim dari 16 kontestan liga memilih ruki (pemain debutan) dan pemain asing. Tim yang tidak ikut memilih dalam Draft adalah Indonesia Patriots.

Urutan untuk pemilihan ruki dan pemain asing ditentukan berdasarkan peringkat akhir IBL 2021, dan ditambahkan dengan hasil undian klub baru yaitu RANS PIK Basketball, Evos Thunder Bogor, Bumi Borneo Pontianak dan Tangerang Hawks. Setelah itu, pemilihan dibagi menjadi dua ronde. Ronde pertama mulai dari nomor urut paling besar. Kemudian di ronde kedua, kesempatan pertama diberikan kepada tim dengan nomor urut paling kecil.

Untuk pemain ruki, klub-klub diwajibkan memilih satu pemain. Namun mereka bisa memilih dua pemain sekaligus. Di malam Draft ini juga diumumkan pemain ruki rekomendasi yang didaftarkan oleh klubnya masing-masing. Sementara untuk pemain asing, masing-masing klub memilih dua pemain. Berikut hasil IBL Draft 2021:

Foto: Hariyanto

Komentar