IBL

Dalam IBL Draft 2019 yang belangsung Selasa malam, 12 November, Prawira Bandung memilih Jared Harper untuk pemain asing di putaran ketiga. Ternyata terjadi kesalahan dalam penyajian data pemain tersebut. IBL mengakui bahwa mereka melakukan kesalahan tersebut.

Nama yang masuk dalam daftar pemain asing untuk Draft IBL 2019 adalah Jared Charles Nicholas Harper. Dari data basketball.usbasket.com, pemain tersebut lahir di Beverly Hills, California. Posisi bermain sebagai garda utama, dengan tinggi badan 1,83 meter. Terakhir bermain untuk tim Tampa di Eurobasket S. League.

Sementara itu, foto yang disajikan IBL berbeda. Foto yang ditampilkan pada saat Draft IBL adaah Jared Lamar Harper. Pemain yang kini dikontrak oleh Phoenix Suns (NBA) dan NAZ Suns (NBA G-League). Posisinya bermain sebagai garda utama, dan tinggi badannya 1,8 meter.

Kesalahan tersebut membuat gaduh media sosial. Sebab Jared Charles Nicholas Harper dalam akun instagram pribadinya @jaredharper membuat pernyataan mengejutkan. Ia mengaku dihubungi agennya bahwa dipilih salah satu kontestan IBL dalam Draft putaran ketiga. Tetapi justru foto yang dipasang bukan dirinya.

Kesalahan pemasangan foto tersebut diakui oleh pihak IBL. Pada laman resmi iblindonesia.com dijelaskan bahwa data pemain sudah sesuai dengan yang diberikan agen. Kemudian, demi memudahkan pengenalan klub kepada pemain, pihak IBL membantu mencarikan foto pemain tersebut. Dalam proses pencarian foto muncul dua nama Jared Harper. Sayangnya, foto yang dipilih dan dipasang salah.

"Secara teknis kami akui terjadi kesalahan pemilihan foto, meskipun semua data dan tautan video pemain tersebut benar dan berasal dari agen pemain," kata Rufiana, manajer kompetisi IBL. "Hal ini telah kami komunikasikan kepada pihak klub Prawira Bandung dan mereka memahami atas kekeliruan tersebut."

Ketika dikonfirmasi sehari setelah Draft IBL, pihak Prawira Bandung memang tidak mengetahui ada kesalahan pemasangan foto pemain tersebut. Mereka tetap memilih Jared Harper, sesuai dengan data, serta melihat performa pemain yang bersangkutan melalui video. Pihak Prawira kini sedang menimbang, apakah mereka mengganti pemain tersebut atau tidak.

"Kami sedang mempertimbangkan kembali. Apakah tetap dengan Jared Harper yang kami pilih, atau akan memilih pemain baru dalam daftar pemain asing yang dibuat IBL," kata Andri Syarel Octrianes, manajer tim Prawira Bandung. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar