IBL

IBL Rookie Draft 2020 diselenggarakan pada Senin malam, 30 November. Ada dua jalur untuk pemain debutan yang akan masuk ke liga musim depan, yaitu melalui draft dan rekomendasi. Tetapi sebenarnya, klub-klub masih punya jalur untuk memasukkan pemain baru melalui "rookie undrafted".

IBL Rookie Draft 2020 dimulai dengan menentukan urutan pengambilan pemain. Mekanisme ini dibuat karena musim lalu dibatalkan. Jadi para kontestan tidak bisa memilih dengan urutan dari klasemen musim sebelumnya. Setelah diundi, maka Bank BPD Bima Perkasa berhak memilih di urutan pertama.

Ada yang menarik dari malam draft ini. Beberapa tim, mengisi kuota ruki dengan jumlah yang maksimal. Seperti Pacific Caesar Surabaya yang memasukkan lima nama pemain baru (dua pemain dari draft dan tiga pemain dari jalur rekomendasi). Sementara itu, dua tim malam ini hanya memasukkan satu pemain, yaitu Louvre Surabaya dan Amartha Hangtuah. Kedua tim tersebut hanya memilih satu pemain dari draft, yang menjadi kewajiban klub. 

Pengumpulan roster pemain untuk IBL 2021 akan dilakukan pada 24 Desember mendatang. Dari situ, baru bisa dilihat berapa jumlah pemain ruki yang memperkuat klub peserta. 

Berikut hasil IBL Rookie Draft 2020:

(tor)

Foto: IBL Indonesia

Komentar