IBL

Surliyadin bermain untuk tim Bandung selama delapan musim kompetisi. Dia bahkan belum pernah meninggalkan Kota Kembang sejak tahun 2008 hingga sekarang. Kini Surliyadin siap memulai petualangan baru dengan mencari tim di luar kota Bandung.

Pemain yang akrab disapa Iton tersebut mengawali karier basket profesional bersama klub Garuda Kukar Bandung, di NBL Indonesia musim 2012-2013. Dia hanya satu musim bersama Garuda, lalu pindah ke JNE BSC Bandung Utama selama 2013 hingga 2016.

Pada IBL 201-2017, Iton kembali bergabung bersama Garuda di bawah asuhan Andre Yuwadi. Iton juga tetap setia bersama tim tersebut ketika mereka berganti nama menjadi Prawira Bandung di awal musim 2018-2019 lalu, hingga sekarang.

Akhirnya pada Rabu malam, 4 November 2020, akun istagram resmi Prawira mengunggah ucapan terima kasih kepada Iton. Dia sudah tidak lagi bersama klub tersebut.

"Benar, saya sudah habis kontrak dengan Prawira. Tetapi sekarang belum memutuskan akan pindah ke klub mana. Masih menimbang bila ada penawaran yang bagus," kata pemain kelahiran Banda Aceh tersebut.

Iton sudah identik dengan tim basket Kota Bandung. Karena sejak tahun 2008, dia sudah pindah dari Aceh ke Bandung. Sejak lulus SMA, Iton sudah di Bandung. Itu juga karena basket yang membawanya sampai ke kota tersebut.

"Saya di Bandung sejak lulus SMA di Aceh. Semua karena basket. Jadi banyak sekali kesan-kesan dengan kota ini. Dari saya bermain di liga amatir, main di liga kampus, sampai profesional," ucap ayah satu anak tersebut.

Soal rencana musim depan, Iton sudah berpikir untuk meninggalkan Bandung. Karena tidak ada pilihan lagi. Tim profesional di Bandung hanya ada Prawira saja. Oleh karenanya, pilihan Iton adalah bermain di luar kota Bandung. Tetapi dirinya senang bila ada tawaran dari klub luar kota.

"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Saya bersyukur bila ada kesempatan untuk keluar dari zona nyaman. Saya ingin mencoba hal baru. Terutama untuk saat ini bermain untuk tim dari luar kota Bandung. Ini akan jadi tantangan tersendiri buat saya," pungkasnya.

Iton mengaku belum memikirkan akan pindah ke tim mana. Sebab, sampai saat ini liga belum mengumumkan kepastian tanggal dimulainya kompetisi. Karenanya, Iton ingin menikmati waktu bersama keluarganya. Sembari tetap berlatih sendiri untuk menjaga kondisi tubuhnya. (tor)

Foto: IBL Indonesia

Komentar