IBL

Bintang Denver Nuggets Nikola Jokic siap menerima hukuman yang diberikan liga. Ini merupakan buntut dari tindakan kasarnya terhadap Markieff Morris, di pertandingan Nuggets melawan Miami Heat, Senin malam, waktu Amerika Serikat. Jokic mengakui bahwa tindakan bodohnya sangat berbahaya, namun dia hanya ingin membela diri.

MVP NBA musim lalu tersebut emosi ketika ketika Morris melakukan pelanggaran keras di tengah lapangan. Markieff terlihat menghadang Jokic dengan siku kirinya mengarah ke dada Jocik. Seketika Jokic marah dan mendorong Markieff hingga jatuh ke lantai. Akibat perbuatannya, Jokic akan dihadapkan pada hukuman skorsing dan denda. 

"Itu tindakan bodoh. Saya merasa tidak enak setelah melakukannya. Saya seharusnya tidak bereaksi seperti itu," kata pemain asal Serbia tersebut, ketika berhadapan dengan awal media usai pertandingan.

"Saya pikir tindakannya (Markieff Morris) adalah sebuah pelanggaran. Saya merasa dia juga melakukan permainan kotor. Dan, saya ingin melindungi diri saya sendiri."

Jokic yang emosional memang merasa dirinya benar. Namun setelah pertandingan, dia kembali melihat rekaman peristiwa tersebut. Menurutnya, perbuatan seperti itu pantas dapat hukuman. 

"Saya tidak tahu siapa yang menunjukkan video itu kepada saya. Saya melihat kepala Markieff tersentak ke belakang karena dorongan saya. Saya merasa sangat bersalah," ungkapnya. 

Sementara itu, pelatih Heat Erik Spoelstra menyebut tindakan Jokic tidak beralasan. Dia mengakui kalau apa yang dilakukan Markieff untuk menghentikan fast-break adalah sebuah pelanggaran. Karena dia mengangkat bahunya terlalu tinggi. Tapi apa yang terjadi setelahnya benar-benar di luar dugaan. 

"Keef melakukan pelanggaran, dan itu adalah salah satu pelanggaran fastbreak-take, dan dia melakukannya dengan bahunya. Jelas itu adalah pelanggaran yang tidak boleh dilakukan. Tapi drama setelahnya, itu benar-benar tidak pantas diperlihatkan oleh seorang pemain," kata Erik, dikutip dari ESPN.

Hukuman yang akan diterima Jokic jelas menjadi kerugian bagi Nuggets. Kepala pelatih Nuggets Michael Malone, harus kembali memutar otak. Sebab, kalau Jokic ikut-ikutan absen, maka Nuggets tidak diperkuat tiga bintang utamanya. Sebab Jamal Murray cedera, dan Michael Porter Jr. mengalami masalah dengan punggung bawahnya. 

"Saya akan mengkhawatirkan diri saya sendiri ketika liga memberi tahu kami bahwa dia (Nikola Jokic) diskors," kata Malone. "Saya tidak akan membuang waktu saya untuk melihat ke belakang lagi. Apa yang saya miliki, materi yang ada akan kami maksimalkan." 

Nuggets sekarang menempati peringkat keenam Wilayah Barat dengan rekor pertandingan 6-4. (tor)

Foto: Stadium Astro

 

Komentar