IBL

Joel Embiid dalam dilema besar. Di satu sisi, dia ingin membuktikan bahwa dirinya mampu menopang Philadelphia 76ers. Sementara di lain hal, bebannya semakin berat tanpa Ben Simmons. Itu berpengaruh pada kondisi fisiknya. Seperti yang terlihat saat Sixers menang 110-102 atas Detroit Pistons, Kamis malam, waktu setempat. 

Embiid mengumpulkan 30 poin dan 18 rebound dalam 31 menit. Dia membantu Sixers mencetak rekor pertandingan 3-2 di awal musim. Tetapi bukan penampilan yang disoroti, tetapi kondisi fisiknya. Dia mendominasi permainan, namun berjuang menahan sakit karena cedera lutut. Embiid sempat meringis kesakitan setelah melakukan slam-dunk di kuarter pertama. Itu menunjukkan bahwa dirinya bermain tidak dalam kondisi prima. 

"Saya sedang berbicara dengan diriku sendiri," kata Embiid, saat mencoba melawan rasa sakitnya, dikutip dari Fox Sports

Penilaian para pengamat tentu tidak hanya dari satu pertandingan saja. Embiid dinilai tidak dalam performa terbaik dalam liga pertandingan ini. Karena dia mencetak rata-rata 19,3 poin dan 7,3 rebound per pertandingan. Angka tersebut dianggap bukan catatan terbaik untuk seorang Joel Embiid. 

Absennya Ben Simmons bukan hanya menambah beban Embiid saja. Namun lebih dari itu, bisa berpengaruh pada kondisi fisiknya. Beberapa tahun terakhir, Embiid bergelut dengan cedera. Padahal  idealnya, Sixers punya Simmons yang bisa menggantikan Embiid memimpin tim saat dirinya istirahat. Seperti yang terjadi musim lalu, ketika Embiid harus beristirahat dua minggu karena cedera. 

Secara tim, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Ada Tobias Harris, Shake Milton, hingga Tyrese Maxey yang bisa diandalkan. Namun entah kenapa, Embiid masih merasa ada bagian yang hilang dari timnya, saat Ben Simmons absen. 

Sejauh ini, Sixers telah memenangkan tiga pertandingan dan kalah dua pertandingan. Ketiga kemenangan datang melawan tim yang bukan pesaing mereka di papan atas Wilayah Timur. Ini masih awal musim, tetapi Sixers telah menunjukkan tanda-tanda kesulitan. Banyak yang mengaitkan dengan absennya Ben Simmons. (tor)

Foto: ESPN

Komentar