IBL

Meski sudah pensiun, Michael Jordan masih menorehkan rekor-rekor fantastis. Kali ini berkaitan dengan barang-barang yang pernah dipakai legenda Chicago Bulls tersebut. Selasa malam, waktu Amerika Serikat, sepatu Nike Air Ships yang dipakainya tahun 1984 terjual seharga AS$1,5 juta atau setara dengan 21 miliar rupiah.

Nike Air Ships dirancang oleh Bruce Kilgore. MJ memakai sepatu ukuran 13 itu pada pertandingan kelima di musim pertamanya di NBA, tahun 1984. Saat itu MJ sudah menjadi duta Nike, dan pada tahun 1985, dia sudah menghasilkan pendapatan lebih dari AS$100 juta atau setara 141 miliar dari penjualan produk-produk yang dipakainya. 

Penjualan Nike Air Ships 1984 milik MJ, mengalahkan rekor lelang yang sebelumnya. Pada bulan Agustus 2020, Nike Air Jordan yang dipakai bertanding oleh MJ, laku seharga AS$615 ribu, atau setara 8,7 miliar rupiah. 

MJ sudah pensiun sejak tahun 2003. Namun tetap saja, tidak ada pemain bola basket yang lebih sukses darinya. Terutama berkaitan dengan produk-produk yang berkaitan dengan namanya. Selama satu dekade terakhir, Jordan Brand sudah menjadi merek sepatu paling populer ketiga di NBA, setelah Nike dan adidas. 

Dikutip dari Forbes, menurut neraca penjualan tahun 2019, Michael Jordan menduduki peringkat pendapatan teratas untuk produk sepatu basket. MJ mendapatkan AS$130 juta dari Jordan Brand. Di bawahnya ada LeBron James dengan pendapatkan AS$32 juta dari Nike, lalu Kevin Durant (AS$26 juta dari Nike), dan di peringkat keempat ada Stephen Curry yang mendapatkan AS$20 juta dari merek Under Armour. 

MJ sudah menghasilkan banyak uang dari Air Jordan. Pencapaian tersebut belum bisa dilampaui oleh LeBron James. Meski "Sang Raja" pindah ke Los Angeles, yang menjadi pusat segalanya di Amerika Serikat. Penjualan sepatu Nike LeBron belum mampu mengalahkan Air Jordan. (tor)

Foto: Daily Sabah

Komentar