IBL

Brooklyn Nets tampil tanpa Kyrie Irving di laga pembuka musim 2021-2022. Irving masih berkutat dengan masalah seputar vaksin covid-19. Tak hanya menyulut kemarahan liga, kasus Irving juga menjadi sorotan para pengamat. Mantan pemain sekaligus analis NBA Charles Barkley ikut geram dengan sikap Irving. 

Barkley yang tampil di TNT, pada Selasa malam, dengan tegas mengatakan kalau Kyrie Irving harus segera divaksinasi. Bukan untuk dirinya sendiri, melainkan demi kepentingan bersama. Barkley juga menyebut kalau Irving menjadi contoh buruk bagi pemain lain. Sebab, dia dianggap sudah makan gaji buta. 

"Satu-satunya hal yang mengganggu pikiran saya sampai sekarang adalah dia (Irving) masih menerima AS$17 juta (setara dengan 240 miliar rupiah), hanya dengan duduk-duduk di rumah," ujarnya. 

Barkley menjelaskan kalau sikap Irving tidak ada kaitannya dengan hak-hak pribadi seseorang. Barkley malah menilai pemain Nets tersebut egois. Karena vaksin bukan hanya untuk dirinya sendiri, melainkan demi keselamatan bersama. 

"Vaksin itu bukan hanya untuk diri sendiri. Vaksin tujuannya untuk melindungi keluarga, rekan-rekan di tim. Sikap Irving benar-benar mengganggu saya. Karena saya pikir, vaksinasi itu penting dilakukan sekarang. Karena itu semua pemain harus bersedia divaksinasi," jelas Barkley.

Nets tampaknya tak ingin memperpanjang masalah ini. Ketika mereka tahu bahwa Irving masih teguh pada pendiriannya, tim akhirnya memutuskan untuk membebaskan Irving dari semua kegiatan tim. Nets akan kembali melibatkannya dalam permainan ketika statusnya sudah berubah. Sikap manajemen klub tersebut mendapat pujian dari Barkley. 

"Saya benar-benar bangga ketika Nets tegas. Mereka mengatakan lebih baik tidak ada Irving. Mereka tidak setengah-setengah dalam menyikapi permasalahan ini," imbuhnya. 

Lebih jauh, Barkley menegaskan bahwa Nets masih bisa bersaing memperebutkan gelar juara liga tanpa Kyrie Irving. Tapi kalau Irving bisa bermain, maka Nets jadi salah satu favorit peraih gelar juara. Meski kenyataannya, Nets tampak kesulitan tanpa Irving. Seperti yang terlihat di pertandingan pertama. Nets harus mengakui kekalahan atas juara bertahan, Milwaukee Bucks, dengan skor akhir 104-127. 

Barkley juga menyayangkan sikap Irving terkait vaksin ini. Sebab, Irving memang berhak menolak vaksin. Tetapi sikap tersebut merugikan bagi timnya. Ketika Irving tidak ada, persentase kemenangan Nets turun. (tor)

Foto: NBC News

 

Komentar