IBL

NBA musim 2021-2022 dibuka hari ini, 20 Oktober 2021. Dua pertandingan akbar akan membuka liga basket Amerika Serikat yang memasuki musim ke-75. Namun sebelum dimulai, ada baiknya mengetahui siapa-siapa saja favorit peraih gelar individu untuk musim yang istimewa ini. 

Pertama tentang pemain debutan terbaik atau Rookie of the Year. Tampaknya prediksi bergeser dari Cade Cunningham ke Jalen Green. Cunningham merupakan pilihan pertama dalam Draft NBA 2021 yang bermain untuk Detroit Pistons. Sementara Green bermain untuk Houston Rockets. 

(Sumber foto: Bleacher Report)

Prediksi bergeser setelah Cunningham mengalami cedera pergelangan kaki selama pemusatan latihan. Memang cedera itu tidak terlalu berpengaruh pada penampilannya. Namun bisa jadi membawa masalah di kemudian hari, apalagi persaingan musim reguler lebih ketat dibandingkan pramusim. Soal peran, Cunningham tampaknya tidak banyak mencuri perhatian. Sebab dia bertugas sebagai pengatur serangan bersama garda tahun kedua, Kilian Hayes. 

Berbeda dengan Green. Pelatih Stephen Silas menempatkan dirinya sebagai pencetak poin, dan memiliki kendali atas permainan Rockets. Ini jelas memberikan Green lebih banyak sorotan selama musim reguler 2021-2022. Jadi Jalen Green diprediksi bakal menyabet gelar pemain debutan terbaik di liga. 

Bergeser ke Most Improve Player. Kali ini perhatian media-media Amerika Serikat tertuju pada sosok Jaren Jackson Jr. Setelah menerima perpanjangan kontrak dengan Memphis Grizzlies, Jackson jadi lebih tenang dalam bermain. Grizzlies tahu bahwa Jackson tumbuh dengan baik, sehingga mereka rela mengeluarkan uang AS$105 juta untuk mengikatnya hingga tahun 2026. 

Foto: Grizzly Bear Blues

Jackson mampu meningkatkan akurasi tembakan dari 28 persen menjadi 40 persen musim lalu. Kemampuan rebound juga tidak perlu diragukan lagi. Pesaing Jackson untuk mendapatkan most improve player adalah Tyler Herro dan Keldon Johnson. 

Prediksi selanjutnya yaitu pemain terbaik di liga. Kevin Durant jadi favorit peraih gelar ini. Faktor yang memengaruhi prediksi tersebut adalah penampilan KD di playoff musim lalu. Dia menampilkan performa menawan meski Brooklyn Nets gugus di putaran kedua, setelah kalah dari Milwaukee Bucks. 

Durant membuktikan bahwa Nets masih bisa mengandalkannya, meski Kyrie Irving dan James Harden absen. Bahkan tahun lalu, ketika dia hanya bermain 35 pertandingan karena masih dalam perawatan cedera Achilles, KD bisa mencetak rata-rata 27 poin, 7 rebound, dan 6 asis per pertandingan. 

Foto: USA Today

KD bakal tampil dengan fisik yang lebih baik. Ditambah lagi ada James Harden yang siap membantunya. Mungkin salah satu tantangan Nets kali ini adalah mencari sosok pengganti Kyrie Irving. Karena dia bakal absen separuh musim, terutama di laga kandang, karena terbentur aturan vaksinasi pemerintah kota New York. 

Terakhir ada nama Tyronn Lue yang diprediksi Yahoo!Sports bakal menyandang gelar pelatih terbaik di NBA 2021-2022. Prediksi tersebut mungkin sedikit meragukan, mengingat Kawhi Leonard belum bisa memperkuat LA Clippers karena cedera. 

Foto: Bleacher Report

Clippers musim lalu kehabisan bensin di playoff. Tapi saat itu kita bisa mengetahui bahwa Lue punya kemampuan untuk memaksimalkan peran Paul George. Kalau dia mampu melakukannya lagi di musim reguler tahun ini, maka Clippers bisa meramaikan persaingan papan atas Wilayah Barat. Apalagi kalau Leonard sembuh dan bisa bermain, maka Clippers bisa lebih berbahaya lagi. (tor)

Foto: Empire Writes Back

Komentar