IBL

Selain Zion Williamson, satu pemain lain yang dipastikan tak akan tampil di gim pembuka timnya di musim baru adalah Serge Ibaka. Pemain Los Angeles Clippers ini masih butuh waktu lebih lama lagi dari 21 Oktober di mana Clippers akan menghadapi Golden State Warriors.

Kepada Clutch Points, Kepala Pelatih Clippers, Tyronn Lue, menjelaskan bahwa Ibaka masih terus dalam tahap rehabilitasi untuk kembali sepenuhnya ke tim. Ia kini sedang masuk fase berlatih tiga lawan tiga. Setelahnya, ia akan mulai berlatih lima lawan lima dan bisa kembali ke tim.

Ibaka sendiri bermasalah pada punggungnya sejak musim lalu. Masalah ini pula yang membuatnya hanya tampil 41 kali untuk Clippers. Pada bulan Maret, Clippers sebenarnya sudah menepikan Ibaka dari tim, guna fokus untuk penyembuhan tanpa operasi. Ia kembali bermain di bulan Mei, hanya untuk dua gim musim reguler dan dua gim playoff sebelum punggungnya kembali bermasalah. Di titik ini, Ibaka sudah kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Pemain timnas Spanyol ini pun lantas naik meja operasi pada Juni lalu. Proses penyembuhan berjalan sedikit meleset dari rencana namun masih dalam toleransi waktu yang bisa diterima oleh Clippers. Ibaka sendiri baru diperbolehkan gabung latihan Clippers pada 4 Oktober lalu sebelum mulai fase tiga lawan tiga sembilan hari kemudian.

Lue sendiri tak tinggal diam melihat kondisi Ibaka yang masih tanda tanya. Ia merekrut Isaiah Hartenstein dan Harry Giles untuk ikut pemusatan latihan dan pramusim ini. Keduanya pun menunjukkan adaptasi baik sejauh ini untuk menjadi pelapis Ivica Zubac.

Pun begitu, kembalinya Ibaka akan membuat komposisi pemain Clippers semakin dalam. Hal yang sangat mereka butuhkan mengingat Clippers juga masih akan tampil tanpa Kawhi Leonard sampai waktu yang tidak ditentukan. Musim lalu, untuk kali pertama dalam sejarah organisasi, Clippers berhasil melaju ke final Wilayah Barat. Kini, tentunya target mereka tak mungkin lebih rendah dari itu dan Ibaka adalah salah satu harapan mereka untuk kembali mengulang atau bahkan melebihi pencapaian musim lalu. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar