IBL

Dampak dari keputusan tidak melakukan vaksinasi yang dipilih oleh Kyrie Irving bisa berbuntut panjang. Tak sekadar akan membuatnya kehilangan sampai AS$16 juta di musim ini saja, Kyrie tampaknya akan kehilangan peluang mendapatkan perpanjangan kontrak maksimal dari Nets. Kabar ini disampaikan oleh Shams Charania, reporter The Athletic dalam wawancara dengan The Glue Guy Podcast.

Kyrie sendiri selayaknya Kevin Durant sudah bisa mendapatkan perpanjangan kontrak sebesar maksimal AS$186 juta, tepat sebelum musim baru dimulai. Namun, setelah keputusannya, Nets diyakini tidak akan memberikan penawaran tersebut.

Nets pun berada di posisi yang tidak memiliki banyak pilihan. Jika Kyrie tetap menolak vaksinasi, ia akan absen lebih dari 41 gim (laga kandang dan tandang di San Francisco dan Los Angeles). Kondisi ini tentu tidak ideal untuk Nets yang berupaya mengejar gelar juara.

Di sisi lain, Nets juga sudah bisa menawarkan perpanjangan kontrak untuk bintang Nets lainnya, James Harden. Meski Harden sejauh ini masih menahan dirinya untum menyepakati perpanjangan tersebut, selama Nets bisa menunjukkan penampilan solid di musim baru ini, Harden tampaknya akan bertahan.

Datang ke Nets dua musim lalu, ini tentu bukan skenario yang disiapkan Nets ataupun Kyrie. Pandemi yang menyerang dan kewajiban vaksinasi cukup membuat kedua belah pihak memilih jalurnya masing-masing meski sama-sama mengaku saling menghormati keputusan. Kini, Nets akan coba melaju tanpa Kyrie. Bahkan, bukan tidak mungkin, sebelum musim dimulai, Nets bisa mencari pengisi kekosongan Kyrie, dengan menukarnya ke tim lain. Apapun bisa terjadi dengan kondisi yang cukup menyulitkan ini. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar