IBL

Widyanta Putra Teja akan bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Ini jadi kesempatan kedua bagi pemain timnas Indonesia tersebut. Widi akan bertanding membela Jawa Timur di cabang olahraga 3x3. Kali ini dia ingin merebut medali emas.

Widi menjadi anggota tim basket putra Jatim di PON XIX Jawa Barat tahun 2016. Saat itu, mereka mendapatkan medali perak setelah kalah dari Jawa Barat di partai final. Widi seperti mendapatkan kesempatan kedua ketika dia terpilih mewakili Jatim di PON Papua untuk cabor 3x3.

Widi kali ini mewakili Jatim bersama Felix Tjandra, Naja Nazzala Hidayat, dan Padre Taranggiar Hosbach. Felix statusnya sama dengan Widi, karena dia pernah meraih medali perak di tahun 2016 untuk cabor bola basket.

"Ini seperti kesempatan kedua bagi saya dan Felix. Karena kami pernah mendapatkan medali perak. Jadi kali ini kami masih menyimpan rasa penasaran untuk merebut medali emas, meski di nomor yang berbeda," kata Widi.

Persiapan tim 3x3 Jatim terbilang singkat. Mereka baru berkumpul pada pertengahan bulan Agustus 2021. Karena Widi merupakan pemain timnas Indonesia yang disiapkan untuk FIBA Asia Cup dan Kualifikasi FIBA World Cup 2023. Namun itu tidak menurunkan kualitas latihan para pemain.

Soal peluang, Widi memberikan sedikit gambaran tentang Grup A. Jatim akan berlaga di babak penyisihan melawan Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Papua.

"Kalau Sulawesi Selatan kami pernah bertemu di pra-PON. Sementara untuk Jateng, sepertinya timnya benar-benar baru. Bukan yang pernah kami lawan di pra-PON. Menurut saya yang jadi kuda hitam di Grup A ini Papua. Karena kami sama sekali tidak tahu menahu dengan pemainnya," ungkap pemain West Bandits Solo itu.

Cabang olahraga 3x3 di PON Papua akan dimainkan pada 12 hingga 14 Oktober di GOR Basket Mimika Sports Complex. Jatim dijadwalkan menjalani dua pertandingan di hari pertama. (tor)

Foto: Hariyanto

 

Komentar