IBL

Pertemuan tim putri Jawa Timur dan Jawa Tengah, akan menjadi salah satu pertandingan di hari pertama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, Rabu esok, 29 September. Kondisi fisik tim putri Jatim sudah kembali prima setelah melalui perjalanan jauh. Mereka yakin bisa menumbangkan Jawa Tengah, sebagai peraih medali emas di PON edisi 2016.

Tim putri Jatim melakukan latihan ringan di lapangan basket SMA Negeri 1 Timika, Selasa pagi. Para pemain terlihat antusias mengikuti arahan pelatih. Fokus latihan hari ini adalah mengulang kembali skema serangan dan pertahanan yang akan digunakan untuk melawan Jawa Tengah.

"Persiapan kami sebelum pertandingan pertama, jelas memulihkan fisik. Setelah perjalanan jauh dari Surabaya ke Mimika yang memakan waktu hampir tujuh jam," kata manajer tim basket putri Jatim, Soegiono Hartono, kepada Mainbasket. "Setelah technical meeting kemarin, kami melakukan penyesuaian jadwal latihan dengan jam pertandingan. Ini berguna untuk adaptasi cuaca saja."

Soal lawan yang akan dihadapi, tim putri Jatim tampak tidak gentar dengan nama besar Jawa Tengah, yang pernah meraih medali emas di PON XIX/2016 lalu. Karena mereka sudah sering bertemu dan menang ketika berhadapan di level kelompok umur. Namun mereka tidak boleh lengah, karena selama pandemi covid-19 tidak pernah melakukan uji tanding.

"Jatim selalu unggul dari Jateng di level kelompok umur. Tapi pandemi yang sudah setahun ini membuat kami agak buta dengan kekuatan mereka. Kami tidak pernah bertemu mereka, bahkan di uji coba. Kami tetap optimis dan akan kami hadapi di lapangan saja," tegasnya.

Target tim putri Jatim tidak berubah, mereka mengejar medali emas di PON Papua ini. Meski berada di Grup Y dengan lawan-lawan berat seperti Jateng, Jabar, dan Bali. Jatim optimistis bisa menjadi juara grup. (tor)

Foto: Risky Putra Ramadhan

 

Komentar