IBL

Portland Trail Blazers akan memainkan musim 2021-2022 dengan nahkoda baru mereka, Chauncey Billups. Ini adalah perjalanan pertama Billups sebagai seorang kepala pelatih dan jadi pembaruan pertama Blazers di posisi ini dalam sembilan tahun ke belakang.

Kala aktif bermain, Billups dikenal sebagai sosok garda yang solid dan memiliki mental baja, utamanya dalam melakukan tembakan-tembakan di waktu krusial. Oleh sebab itu, ia dijuluki dengan Mr.Big Shot dan memiliki akurasi tripoin sepanjang kariernya di angka 38,7 persen.

Hal ini pula yang tampaknya ingin Billups bawa ke tim pertama yang ia latih. Pemain seperti Damian Lillard, C.J McCollum, Norman Powell, atau bahkan Anfernee Simons jelas tak butuh dorongan untuk tripoin. Billups coba mendorong hal ini kepada senternya, Jusuf Nurkic.

Di gim pramusim perdana Blazers melawan Golden State Warriors, Nurkic tampak mengancam dari tripoin. Ia memasukkan 2 dari 4 percobaan di area sayap kanan. Hampir semua tembakan Nurkic dalam posisi yang tak benar-benar dijaga oleh pemain Warriors karena tampaknya tak ada yang berpikir ia akan sungguh menembak bola tersebut.

"Nurkic adalah pemain yang benar-benar bisa menembak tripoin dan saya ingin ia benar-benar memanfaatkan hal itu," buka Billups dalam sesi jumpa wartawan. "Ia adalah tipikal pemain yang akan percaya diri jika mendapatkan bola dalam ritme yang tepat. Saya ingin ia menembak bola tanpa ragu jika posisinya memang baik karena saya tahu ia mampu melakukannya. Jika Nurkic mampu secara konsisten melakukan hal ini, maka penyerangan kami akan semakin terbuka dan lawan akan semakin sulit melakukan penyesuaian," tutupnya.

Sepanjang kariernya, Nurkic adalah tipikal senter konvensional yang kuat di area dekat ring. Belakangan, saat banyak senter berusaha mengembangkan kemampuan menembak jarak jauhnya, Nurkic memilih jalan untuk meningkatkan kemampuannya menjadi fasilitator tim dengan ratan sekitar 3,5 asis per gim.

Musim lalu, Nurkic memang mulai mencoba tripoin lebih sering. Ia memasukkan 12 dari 30 percobaannya sepanjang musim reguler yang setara dengan 40 persen. Untuk seseorang yang hanya melepaskan 52 tripoin dalam total tujuh musim sebelumnya, ini adalah catatan yang bagus.

Perkembangan Nurkic akan jadi kunci perjalanan Blazers ke depannya. Memang, Billups tak berharap ia menembak dengan frekuensi besar seperti Brook Lopez atau Kristaps Porzingis. Namun, jika ia mampu mempertahankan akurasi di angka 40 persen, lawan jelas akan kesulitan menentukan prioritas penjagaan mereka saat bertemu Blazers. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar