IBL

Pemerintah New York sedang membahas rancangan undang-undang baru terkait vaksin Covid-19. Ini setelah ada sindiran dari Joe Rogan terkait aturan vaksin untuk memasuki gedung Madison Square Garden, termasuk untuk pertandingan NBA. Sepertinya bakal ada aturan vaksin untuk tim tuan rumah dan tim tamu.

Pemerintah New York membuat aturan untuk warganya dan setiap orang yang tinggal di kota tersebut agar menunjukkan bukti vaksinasi untuk masuk ke ruangan, termasuk arena olahraga. Namun kalau dilihat dari sudut pandang NBA, aturan tersebut tidak berlaku untuk tim tamu. Karena pemain dari luar New York masih bisa bermain di Madison Square Garden dan Barclays Center.

Perbedaan aturan tersebut mendapat sorotan dari Joe Rogan, seorang podcaster, komentator NBA, dan komedian stand-up. Rogan menganggap aturan tersebut tebang pilih. Pemerintah New York harusnya memberlakukan aturan yang sama untuk pemain tim tamu. Buktinya, Rogan yang belum vaksin ternyata bisa tampil di panggung stand-up yang digelar di Madison Square Garden.

Senator Brad Hoylman. (Sumber foto: Radio.com)

Akhirnya pada Selasa malam, waktu setempat, menurut laporan The City, senator Brad Hoylman mengusulkan perubahan aturan vaksin. Mereka akan memberlakukan aturan yang sama. Atlet dan pemain dari luar kota yang tampil di arena olahraga di New York juga harus mendapatkan vaksin Covid-19. Hoylman menyebut bahwa perbedaan kebijakan ini menciptakan kebingungan di masyarakat. Jadi sebaiknya aturan tersebut dipukul rata saja.

"Jika warga New York harus menunjukkan bukti vaksin, maka yang lain juga. Saya tidak habis pikir, kenapa pemerintah New York memberikan hak istimewa kepada mereka yang anti-vaksin dari luar kota seperti Joe Rogan, dan pemain-pemain NBA lainnya," kata Hoylman.

"Sederhana saja. Vaksin atau keluar saja dari kota New York," tegasnya.

Sementara itu, bila mengacu pada peraturan lama, maka tim tuan rumah yang dirugikan. Contohnya seperti ini. Brooklyn Nets akan menghadapi Washington Wizards pekan depan. Dari Nets, Kyrie Irving tidak bisa bermain lantaran belum vaksin. Sebaliknya, Beal milik Wizards bisa bermain. Padahal Beal belum vaksin, dan pernah terjangkit Covid-19. Beal termasuk dalam 5 persen pemain yang menolak vaksinasi.

Belum lagi soal ancaman pemotongan gaji. Irving tahun ini dibayar sekitar AS$34,9 juta. Kalau dia absen satu pertandingan, maka gajinya dipotong sebesar AS$381 ribu. (tor)

Foto: Daily Knicks

Komentar