IBL

Semua orang yang terlibat dalam penyelenggaraan NBA wajib mendapatkan vaksinasi penuh Covid-19. Itu yang diamanatkan liga dalam sebuah memo pada hari Jumat, 27 Agustus, waktu Amerika Serikat. Orang yang berinteraksi dekat dengan pemain termasuk wasit, ofisial tim, sampai petugas-petugas di sekitar lapangan.

Menurut NBA, orang yang harus mendapatkan vaksinasi penuh antara lain pelatih, staf medis dan perlengkapan tim, manajemen dan jajarannya, tim keamanan di arena, staf petugas di bagian media, orang yang bertugas sebagai admin media sosial, dokter tim, dan banyak lagi yang lainnya. NBA menegaskan bahwa mereka yang berpeluang melakukan interaksi dengan pemain, harus dipastikan sudah vaksin lengkap.

Dikutip dari Republik World, mereka yang tidak mendapatkan vaksin penuh dilarang berinteraksi dengan pemain. Mereka harus berjarak 4,5 meter dari pemain dan wasit. Mereka juga dilarang ikut dalam rombongan ketika tim melakoni laga tandang. Lalu saat latihan, mereka wajib mengenakan masker. Namun NBA juga membuat pengecualian terkait vasinasi tersebut. Mereka yang tidak bersedia melakukan vaksin juga tidak dipaksa, bila terkait alasan agama, medis, atau melalui rekomendasi dokter.

Aturan wajib vaksin untuk orang-orang yang bertugas di sekitar pemain akan dimulai pada akhir bulan September. Itu saat 30 tim akan menjalankan kamp pelatihan. Sementara, laga pramusim NBA akan dilaksanakan pada awal Oktober 2021. (tor)

Foto: Essentially Sports

Komentar