IBL

Kisah persahabatan LeBron James dan Carmelo Anthony menjadi bunga di NBA selama 18 musim terakhir. Semua orang menantikan hari dimana keduanya bisa bermain bersama. Semua itu akan terwujud di musim 2021-2022. Lakers yang berhasil mewujudkan mimpi penggemar kedua pemain tersebut.

LeBron dan Melo masuk ke NBA sebagai dua pemain muda berbakat di Draft 2003. LeBron, pemain asal Akron, Ohio, terpilih sebagai pemain urutan pertama dalam Draft. Dia diambil oleh Cleveland Cavaliers. Sementara Melo berada di urutan ketiga, setelah Darko Milicic. Pemain asal Brooklyn, New York tersebut diambil oleh Denver Nuggets. Inilah awal dari persaingan dua sahabat yang fenomenal ini.

Carmelo Anthony dan LeBron James di NBA Draft 2003. (Sumber foto: USA Today)

Pertemuan pertama LeBron dan Melo terjadi pada 5 November 2003. Saat itu Melo dan Nuggets menang 93-89, sekaligus memberikan kekalahan keempat berturut-turut untuk Cavaliers. Melo bermain 39 menit dengan kontribusi 14 poin, 6 rebound, dan 2 asis. Sementara LeBron bermain selama 41 menit dengan catatan 7 poin, 11 rebound, dan 7 asis.

NBA All-Star 2007. (Sumber foto: nba.com)

Tahun 2007 terjadi momen yang tak terlupakan bagi LeBron dan Melo. Mereka tampil bersama untuk pertama kalinya di NBA All-Star. Saat itu, LeBron sudah terpilih sebagai All-Star tiga kali, sementara Melo baru sekali. LeBron memperkuat tim East, sedangkan Melo di tim West. Pertandingan yang berlangsung 18 Februari 2007 di Las Vegas tersebut dimenangkan tim West dengan skor 153-132. Melo turun dari bangku cadangan, membantu timnya menang dengan kontribusi 20 poin, 9 rebound, dan 1 asis. Sebaliknya LeBron yang bermain sebagai starter mencetak 28 poin, 6 rebound, dan 6 asis.

Salah satu pertandingan terbaik dan tak terlupakan antara LeBron dan Melo terjadi pada 18 Februari 2010. Melo mencetak 40 poin dan membawa Nuggets menang 118-116 atas Cavaliers. LeBron sendiri mencetak triple-double dengan catatan 43 poin, 13 rebound, dan 15 asis. Nuggets berhasil menghentikan 13 kemenangan beruntun Cavaliers. Setelah pertemuan tersebut, keduanya sama-sama pindah tim. LeBron pindah ke Miami Heat. Melo pindah dari Nuggets ke New York Knicks.

Persaingan dua sahabat tersebut naik ke level berikutnya. Karena pada tahun 2012, mereka bertemu untuk pertama kalinya di babak playoff. Kali ini LeBron giliran LeBron yang meraih sukses. Heat menyapu Knicks di putaran pertama, dan keluar sebagai juara liga. Jadi cincin juara pertama milik LeBron didapat dengan menyingkirkan sahabatnya sendiri. Namun itu tidak berpengaruh pada persahabatan keduanya.

Musim berikutnya (2012-2013), LeBron dan Melo masih menjadi perhatian penggemar NBA. Melo dinobatkan sebagai top skor di liga dengan rata-rata 28,7 poin per pertandingan. Sementara LeBron jadi MVP musim reguler NBA untuk keempat kalinya dengan catatn 26,8 poin, 8,0 rebound, dan 7,3 asis per pertandingan. LeBron menutup musim dengan gelar juara kedua berturut-turut bersama Heat.

Melo dan LeBron saat latihan sebelum NBA All-Star 2017. (Sumber foto: Cavs Nations)

Momen tak terlupakan keduanya kembali terjadi di tahun 2017. LeBron dan Melo untuk terakhir kalinya tampil di All-Star bersama. Kali ini lebih menarik karena mereka berdua berada dalam satu tim. Setelah itu, perjalanan kedua pemain seperti langit dan bumi. LeBron menjadi wajah utama liga. Dengan nama bersarnya, LeBron bisa merapat ke Los Angeles Lakers, setelah mendapatkan gelar juara NBA 2016 bersama Cleveland Cavaliers. Sementara karier Melo terus meredup. Dia pindah-pindah klub, mulai dari Oklahoma City Thunder, Houston Rockets, dan terakhir Portland Trail Blazers.

Tahun 2020, atau saat liga dilanjutkan di "bubble" Orlando, karena pandemi Covid-19, LeBron dan Melo bertemu di playoff untuk kedua kalinya dalam 18 tahun terakhir. Hasilnya, LeBron dan Lakers menang, dan mendapatkan cincin juara. Melo harus gigit jari lagi.

(Sumber foto: Silver Screen and Roll)

Pada akhirnya, 6 Agustus 2021, Melo memutuskan untuk menerima tawaran Lakers. Dengan ini, berakhir sudah persaingan dua sahabat yang fenomenal tersebut. Mereka berdua kini bermain bersama dalam satu tim, dan bahu membahu untuk mendapatkan cincin juara. Melo berharap keputusan ini bisa membawanya berkah. Dia ingin mendapatkan gelar juara pertamanya. LeBron jelas akan membantu sahabatnya. (tor)

Foto: Sportscasting

Komentar