IBL

LeBron James dan Carmelo Anthony bermain di klub yang sama untuk pertama kalinya. Ternyata mereka sudah sering bermain sebagai rekan satu tim. Selain di NBA All-Star, mereka sering tampil bersama di timnas Amerika Serikat.

(Sumber foto: Chicago Tribune)

LeBron dan Melo terpilih masuk roster timnas Amerika Serikat di Olimpiade 2004 Athena. Saat itu, tim tersebut dipimpin oleh Larry Brown. Dua bintang utamanya Allen Iverson dan Tim Duncan. LeBron mencetak rata-rata 5,4 poin, 1,0 rebound, dan 1,6 asis dalam delapan pertandingan. Melo mencatatkan 2,4 poin dan 1,6 rebound. Timnas Amerika Serikat mencetak rekor 5-3. Mereka kalah 81-89 dari Argentina di semifinal. Namun berhasil membawa pulang medali perunggu setelah menang melawan Lithuania dengan skor akhir 104-96.

LeBron dan Melo dua tahun kemudian masuk roster timnas Amerika Serikat di FIBA World Champhionship (sekarang FIBA World Cup) tahun 2006. Sama dengan prestasi di Olimpiade 2004, mereka berdua hanya bisa membantu timnya mendapatkan medali perunggu.

(Sumber foto: USA Basketball)

Berikutnya bisa dibilang tahun-tahun emas. LeBron dan Melo tampil bersama di FIBA Americas 2007. LeBron mencetak 18,1 poin, 3,6 rebound, dan 4,7 asis. Melo lebih baik dengan catatan 21,2 poin, 5,2 rebound, dan 1,4 asis. Amerika Serikat tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan. Di partai final, mereka melibas Argentina dengan skor 118-81. Top skor di final kala itu adalah mendiang Kobe Bryant dengan 31 poin.

(Sumber foto: Wikipedia)

Tahun 2008, LeBron dan Melo dipilih oleh pelatih Mike Krzyzewski untuk masuk roster timnas Amerika Serikat di Olimpiade 2008 Beijing. Mediang Kobe Bryant saat itu bertindak sebagai kapten tim. Amerika Serikat berhasil keluar sebagai juara, dan menjadi medali emas Olimpiade pertama bagi LeBron dan Melo. Amerika Serikat memenangi semua pertandingan, sejak babak penyisihan hingga final (8 pertandingan).

(Sumber foto: USA Basketball)

Mereka berdua kembali bersama di Olimpiade 2012. Tim ini bisa dibilang mewah, karena ada Kobe Bryant, Russell Westbrook, Chris Paul, Kevin Durant, Andre Iguodala, James Harden, dan Anthony Davis. Jadi ada empat pemain di tim tersebut yang kini bermain bersama di Los Angeles Lakers. Timnas Amerika Serikat menyapu bersih sembilan pertandingan. Inilah medali emas terakhir yang dimenangkan LeBron dan Melo bersama-sama. Sebab, LeBron tidak terpilih lagi di timnas. Sementara Melo masih bermain untuk timnas Amerika Serikat di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. Melo membawa pulang medali emas Olimpiade ketiga sepanjang kariernya.

Jadi meski tidak pernah bermain satu tim di liga, LeBron dan Melo sudah sering tampil bersama di timnas. Mereka kini mengincar gelar juara liga bersama-sama. (tor)

Foto: Bleacher Report

 

Komentar