IBL

Perjalanan sneaker milik Klay Thompson bersama Anta mungkin tidak seramai sosok lainnya di NBA. Akan tetapi, kedua belah pihak bahkan sudah sampai ke level tertinggi di liga, yaitu menjadi juara. Siapa sangka, Thomson akan menapaki tahun ketujuh bersama merek Tiongkok itu. Ditandai dengan edisi ketujuh lini Anta KT.

Paparan terhadap produk Anta KT terbilang kurang maksimal dalam dua musim ke belakang. Apalagi sejak Klay didera dua cedera serius dalam dua kali. Yang pertama terjadi pada laga final NBA 2019 saat otot ACL-nya robek. DIlanjutkan dengan kejadian serupa yang menerpa otot tendon dekat sebelum gelembung NBA dimulai tahun lalu.

Anta KT7 warna pertama.

Torehan minor itu akan diperbaiki setelah dirinya Nampak memperlihatkan perkembangan penyembuhan luar biasa. Hingga akhirnya Ramona Shelburne dari ESPN mengabarkan jika Klay sudah siap berlaga kembali. Berita tersebut didukung pula dengan dirinya yang suka update latihan beberapa waktu ke belakang.

Yang menarik, dalam salah satu latihan, terlihat dirinya memakai sepatu baru. Bukan lagi Anta KT6. Melainkan seri ketujuh. Hal itu diperjelas dengan keterangan foto yang ditulis sendiri olehnya. Akan tetapi, merek asal Tiongkok tersebut belum menyebarkan rilis resmi terkait produk baru mereka.

Zheng Yongxian masih bertanggung jawab atas desain produk. Bertugas sejak perumusan KT keenam. Ia merupakan desainer produk ternama di Negeri Tirai Bambu. Posisinya menggantikan Robbie Fuller yang sebelumnya mendesain Anta KT edisi ketiga, keempat, dan kelima.

Ciri utama yang dapat dilihat adalah sudah tidak ada lagi tali velkro besar yang tersemat pada edisi keenam. Terdapat penyederhanaan desain bagian atas sehingga tampak lebih minimalis. Berbeda dengan seri sebelumnya yang terbilang cukup ‘ramai’ karena pemasangan sejumlah ornamen.

Kendati demikian, kesan kokoh masih sangat terasa. Klay tipikal pemain dengan kemampuan tembakan mumpuni. Dirinya butuh sepatu yang menyokong kestabilan dan keamanan. Poros badan menumpu pada kaki. Kalau desainnya tidak mengikuti kebutuhan, maka bisa saja kuda-kuda menembak jadi kurang sempurna. DIkhawatirkan akan mengurangi ketepatan.

Fitur tersebut didapat dari komponen sol. Kita bisa melihat ada panel berwarna hitam yang melintang dari sisi bawah lalu menjulur keluar. Itu merupakan plat plastik bertekstur keras yang disediakan cukup panjang dan besar. Berfungsi sebagai penyedia kerapatan serta keseimbangan. Tepat pada bagian bawah, plat tersebut tersambung dengan plat karbon. DItempatkan sebagai kerangka bantalan. Bagian ini dapat dilihat dari tengah sol karet yang sengaja dibuat berlubang. Lalu sol karet bermotif bulat menjadi penyedia traksi.

Penjabaran tersebut sudah ramai jadi dibicarakan melalui forum diskusi Reddit dan Weibo. Anta masih belum mengeluarkan pernyataan resmi. Sehingga masih ada kemungkinan kalau desain final Anta KT7 mengalami perubahan minor.

Terlepas dari hal itu, kita layak mengapresiasi kerja keras merek dari TIongkok. Mereka terus bekerja keras untuk mendapatkan perhatian dari khalayak ramai. Caranya dengan mengontrak pemain potensial di NBA. Lalu menghadirkan produk anti-mainstream sebagai penunjang. (ajb)

Anta KT7 warna kedua.

Foto: akun Instagram @klaythompson, Reddit

Komentar