IBL

Los Angeles Lakers menghadapi ekspektasi tinggi di musim yang baru ini. Awalnya, kedatangan Russell Westbrook untuk menemani LeBron James dan Anthony Davis hanya membawa semangat. Namun, begitu deretan veteran dan pemain muda yang merapat dan melengkapi tim, kini Lakers menjadi salah satu kandidat terdepan untuk menjadi juara.

Bersama Brooklyn Nets, Lakers musim ini jadi dua tim yang paling penuh dengan deretan pemain yang pernah menjadi All Star. Lakers memiliki tujuh pemain yang pernah tampil di All Star, lima di antaranya pernah meraih medali emas Olimpiade. Meski usia para pemainnya cukup senja, Lakers tetap layak mendapatkan predikat sebagai salah satu tim paling super yang pernah terbentuk.

Skuat super Lakers ini pun memantik komentar dari mantan pemain NBA yang tercatat empat kali meraih gelar juara, John Salley. Salley yang meraih satu gelar juaranya bersama Lakers pada 2000 ini termasuk dalam barisan yang sangat percaya bahwa skuat Lakers ini berpotensi menjadi skuat yang paling mengerikan yang pernah ada.

John Salley

“Lakers ini harusnya berpikir untuk mencari 74 kemenangan dalam satu musim,” buka Salley pada Vlad TV. “Jika mereka bisa mendapatkan kemenangan tersebut, mereka akan masuk sebagai tim terbaik sepanjang sejarah NBA. Mereka akan lebih baik dari Golden State Warriors dan Chicago Bulls. Warriors masih gagal merebut predikat tim terbaik sepanjang sejarah dari Bulls karena mereka tidak juara. Jika Lakers bisa meraih 73 kemenangan dan juara, maka mereka adalah yang terbaik sepanjang sejarah. Mereka harus mengincar predikat ini,” tutupnya.

Pernyataan Salley ini cukup menarik jika kita kembali melihat latar belakangnya. Sebelum meraih gelar juara tahun 2000 dan pensiun di tahun yang sama, Salley lebih dulu menjadi bagian dari salah dua tim terbaik yang pernah ada. Salley adalah salah satu anggota Detroit Pistons Bad Boy yang menjadi juara di tahun 1989 dan 1990. Enam tahun kemudian, ia pindah ke Bulls bersama Dennis Rodman dan membantu tim ini mengawali three peat kedua mereka.

Melihat hal itu, maka pernyataan Salley yang memuji Lakers musim ini bisa dianggap sebagai pengelihatan berdasarkan pengalaman. Meski rasanya sulit untuk mengejar 74 atau bahkan 73 kemenangan, gelar juara rasanya akan membuat Lakers musim ini masuk dalam perbincangan tim terbaik yang pernah ada. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar