IBL

Pengaruh seorang Giannis Antetokounmpo sangat besar bagi keluarganya. Apalagi sekarang dia sudah berhasil masuk jajaran pemain elit NBA, dan menjadi juara liga bersama Milwaukee Bucks. Buntut dari keberhasilan tersebut, akhirnya ibu dan adiknya diakui menjadi warga negara Yunani.

Antetokounmpo sendiri lahir di Athena, 26 tahun lalu. Dia merupakan putra imigran asal Nigeria, Charles Antetokounmpo dan Veronica. Giannis mendapatkan kewarganegaraan Yunani pada tahun 2013, sehingga dia bisa terbang ke Amerika Serikat dan bergabung dengan Bucks.

Namun ibunya, Veronica, dan adiknya, Alex Antetokounmpo belum diakui sebagai warga negara Yunani. Akhirnya pada hari Kamis, waktu setempat, dua anggota keluarganya diakui sebagai warga negara Yunani. Istimewanya, pengesahan tersebut dilakukan dengan upacara khusus yang dihadiri oleh Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis.

Alex dan ibuku, sekarang resmi jadi warga negara Yunani. Kami sudah tinggal di sini cukup lama, tapi baru sekarang kami diakui sebagai warga negara," kata Giannis, setelah upacara, dikutip dari ESPN.

Giannis sangat mencintai tanah kelahirannya. Buktinya, bulan Agustus lalu, dia membawa pulang Larry O'Brien bersama Thanasis, kakaknya yang juga bermain di Bucks. Dia membawa piala tersebut ke Acropolis, sebuah situs Yunani kuno di Athena. Giannis ingin menegaskan bahwa perjuangan yang dilakukan selama ini untuk Yunani, sebagai tempat kelahirannya.

Alex Antetokounmpo yang kini berusia 20 tahun juga menekuni bola basket. Dia sekarang bermain untuk UCAM Murcia di Liga ACB (Spanyol), sejak 2020. Alex juga menjadi bagian dari tim Sacramento Kings yang menjuarai NBA Summer League 2021. Dia juga bercita-cita tampil di NBA, seperti tiga kakaknya, yaitu Thanasis, Giannis, dan Kostas, yang kini sudah mendapatkan cincin juara NBA. (tor)

Foto: Sportcasting

Komentar