IBL

Tim bola basket putri PON Jawa Timur sudah memasuki latihan tahap akhir. Mereka siap bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua, yang akan bergulir pekan depan. Rencananya, tim putri Jatim mengincar juara grup di babak penyisihan, agar target medali semakin mulus.

Dalam drawing yang diselenggarakan di Jogjakarta, pada akhir bulan Agustus 2021 lalu, Jawa Timur berada di Pool X. Itu grup yang sangat berat di babak penyisihan, sebab dihuni juga oleh Jawa Tengah sebagai peraih medali emas PON XIX/2016 lalu, Jawa Barat, dan Bali. Dua tim terakhir juga sangat berbahaya, mengingat diisi pemain-pemain yang pernah mencicipi kerasnya persaingan Srikandi Cup, atau liga putri kasta tertinggi di Indonesia.

Untuk itu, Lena sebagai pelatih tim putri Jatim tak mau lengah. Dia ingin anak asuhnya tetap fokus dalam setiap pertandingan di PON nanti.

"Kita ada di grup yang berat. Tapi kita berusaha untuk mengambil juara grup dulu. Jadi itu konsentasi kita sekarang," kata Lena, Kamis siang (16/9).

Lena tidak mengendurkan latihan anak asuhnya, meski sudah mendekati keberangkatan. Mereka akan terus berlatih sampai tiba saatnya berangkat ke Papua.

"Kita memantapkan pola offense dan defense. Selain itu yang penting, setiap pemain harus bisa menambah akurasi shooting-nya masing-masing," imbuhnya.

Tim bola basket putri PON Jawa Timur termasuk salah satu unggulan peraih medali di edisi kali ini. Sebab, ada pemain yang menjadi andalan, pernah tergabung di timnas Indonesia seperti Christine Aldora Tjundawan, Adelaide Callista Wonsohardjo, Faizzatus Shoimah. Mereka pernah membela timnas Indonesia di kejuaraan FIBA kelompok umur dan ASIAN Games 2018. (tor)

Foto: Media Perbasi Jawa Timur

 

Komentar